Sukses

Hindari Jongkok di Toilet Duduk, Akibatnya Fatal

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari kamu tentu ada yang merasa tak nyaman menggunakan toilet umum. Apalagi jika toilet tersebut merupakan kloset duduk. Kalian tentu takut karena toilet tersebut telah digunakan oleh banyak orang bukan? Biasanya untuk menghindari kuman banyak dari kalian yang lebih memilih untuk jongkok di toilet duduk tersebut.

Namun, jika kamu sering melakukan itu sebaiknya segera menghentikannya. Ini lantaran hal tersebut sangat berbahaya lo.

Jongkong di kloset duduk bisa meningkatkan risiko infeksi hingga mengalami cedera. Seorang terapis fisik bernama Brianne Grogan mengatakan jongkok di atas dudukan toilet bisa menyebakan otot-otot menjadi tegang sehingga menyebabkan urin sulit keluar dengan posisi tersebut.

Saat kita jongkok di kloset duduk, pikiran akan habis untuk konsentrasi menjaga keseimbangan. Hal ini yang membuat panggul menjadi tegang dan kita tak bisa mengosongkan kandung kemih kita.

Tak hanya itu, kloset juga bisa saja pecah karena beban kita yang terlalu berat. Hal itulah yang menyebabkan kita rentan alami cedera jika jongkok di kloset duduk. Kasus seperti ini pernah terjadi di Tiongkok beberapa waktu lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Perlu Takut

Sebenarnya kamu tak perlu takut akan kuman ketika duduk di toilet umum. Bentuk permukaan dudukan kloset nyatanya telah didesain agar bakteri tak dapat hidup di sana.

Seorang ahli mikrobiologi klinis dari Universitas Leicester, Dr. Primrose Freestone mengatakan dengan menggunakan toilet umum kamu tak akan terkena penyakit menular.

“Mengalami infeksi oleh kuman hanya dengan duduk di kursi toilet sangat tidak mungkin, kebanyakan penyakit usus melibatkan transfer bakteri dari tangan ke mulut bukan dari kulit. Kulit manusia juga ditutupi oleh lapisan bakteri dan ragi yang berfungsi sebagai pelindung yang sangat efektif," katanya seperti dikutip Dream dari New York Post.

Jadi jangan takut lagi untuk menggunakan toilet umum ya.

Reporter:

Idho Rahaldi

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.