Sukses

Tak Keluar Banyak Uang, 10 Bahan Alami Ini Ampuh Basmi Kutu Rambut

Gunakan 10 bahan yang dapat Anda temukan di rumah sebagai obat anti kutu! Cek disini.

Liputan6.com, Jakarta - Rambut yang gatal bisa diakibatkan oleh ketombe, berminyak atau yang paling dikesali karena adanya kutu rambut. Biasanya kalau kutu datang pada rambut, untuk mematikan sarangnya saja memerlukan usaha. Terkadang obat kutu pun tetap tidak mempan malah bisa merusak rambut ataupun kulit kepala.

Jika Anda ingin menghindar menggunakan obat kutu, terdapat 10 bahan organik yang bisa Anda temukan di rumah sebagai alternatif obat anti kutu. Berikut cara mudah menyingkirkan kutu rambut dengan bahan alami.

1. Bawang Putih

Ulek 8-10 butir bawang putih sampai menjadi pasta, masukkan tiga sendok makan jeruk nipis dan diaduk sampai rata. Gunakan pada rambut dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas rambut Anda sampai bersih. Metode ini dapat dilakukan dua kali seminggu. Bau dari bawang putih tidak disukai oleh kutu dan mereka bisa mati oleh karenanya.

2. Minyak Bayi

Prosedur yang ini bisa dilakukan 4-5 hari per minggu. Pakailah minyak bayi pada rambut dan sisirkan rambut dengan sisir kutu. Cuci rambutnya dengan sabun lembut. Gunakan cuka putih pada rambut dan diamkan semalam dengan menggunakan showercap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Minyak Zaitun

Oleskan minyak zaitun pada kepala sebelum tidur, tutupi kepala dengan showercap atau handuk saat tidur. Gunakan sisir kutu pada paginya untuk menyingkirkan kutu rambut. Cara ini dapat dilakukan 1-2 kali per minggu.

4. Garam

Garam merupakan salah satu bahan yang efektif menghilangkan kutu. Campurkan garam dan cuka lalu gunakan pada rambut Anda. Pakailah showercap, biarkan selama 2-3 jam, lalu bilas rambut Anda. Anda dapat mengikuti prosedur ini sebanyak tiga kali seminggu.

5. Vaseline

Vaseline dikenal memiliki banyak kegunaan, termasuk untuk mengusir kutu. Caranya adalah gunakan Vaseline pada rambut sebelum tidur dan pakai handuk atau showercap. Kemudian gunakan minyak bayi untuk membersihkan jelly pada rambut. Gunakan sisir kutu. Ulangi tiga malam berturut-turut untuk hasil maksimal.

6. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh berperan sebagai insektisida alami dan dapat membunuh kutu. Ambil satu sendok teh minyak pohon teh dan campurkan dengan 1 ons sampo dan juga 3 sendok teh minyak kelapa/zaitun.

Gunakan campuran ini pada rambut dan tutupi dengan showercap selama satu jam. Lalu bilas rambut dengan air panas dilanjutkan dengan menyisir rambut dengan sisir kutu. Lakukan prosedur ini setiap hari. Namun, pastikan Anda tidak menggunakan langsung ke kepala.

3 dari 3 halaman

7. Minyak Kelapa

Cuci rambut Anda dengan cuka sari apel dan biarkan rambut kering. Setelah itu rendamkan rambut dan kulit kepala dengan minyak kelapa. Diamkan selama semalam dengan showercap. Gunakan sisir kutu dan bilas seperti biasa. Anda dapat lakukan ini tiap malam selama seminggu.

8. Cuka Putih

Campurkan air dengan cuka putih lalu basahkan rambut dan kulit kepala dengan campuran tersebut. Biarkan selama 2 jam dengan showercap atau handuk. Sisirkan dengan sisir kutu yang dicelupkan cuka putih. Kemudian keramas seperti biasa. Lakukan ini beberapa kali berturut-turut.

9. Minyak Biji Wijen

Campurkan ¼ gelas minyak biji wijen, ⅛ gelas minyak neem, ½ sendok teh minyak rosemary dan eucalyptus, 1 sendok teh minyak pohon teh dan 1 sendok teh minyak lavender. Pertama cuci rambut Anda dengan cuka sari apel dan biarkan kering. Lalu oleskan solusi pada rambut dan kulit kepala. Tutupi oleh showercap dan biarkan selama Anda tidur. Gunakan sisir kutu dan bilas. Prosedur ini dapat dilakukan setiap hari selama seminggu.

10. Mayones

Lapiskan rambut dan kulit kepala dengan mayones. Biarkan selama semalam dengan showercap untuk menutupi kepala. Keramas seperti biasa dan gunakan sisir kutu. Ulangi tiap hari selama seminggu.

Reporter:

Citra Luna Martha

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.