Sukses

Meteor Jatuh di China, Pecahannya Dijual Rp 100 juta

Meteor tersebut kemudian pecah menjadi serpihan-serpihan yang menerjang rumah beberapa warga desa.

Liputan6.com, Jakarta - Warga dari Provinsi Yunnan, China selatan terkejut ketika sebuah meteor yang menyala menerangi langit malam mereka minggu lalu. Meteor tersebut kemudian pecah menjadi serpihan-serpihan yang menerjang rumah beberapa warga desa.

Rekaman video yang beredar secara online menunjukkan bola api menerangi langit malam di atas kota Jinghong, diperkirakan terjadi sekitar pukul 9.40 malam waktu setempat. Untungnya, sebagian besar meteor terbakar di atmosfer dan hanya segelintir penduduk yang menemukan potongan meteoritnya.

Seperti dilaporkan oleh Shanghaiist, banyak penduduk desa dan ilmuwan yang kemudian menyisir daerah tersebut untuk mencari pecahan meteorit. Menurut South China Morning Post, dilaporkan lebih dari 200 meteorit telah ditemukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Bagaimanapun, pemerintah meminta penduduk desa untuk menyerahkan meteorit yang mereka temukan pada ilmuwan karena amat berharga bagi ilmu pengetahuan.

"Jangan percaya dapat menjadi kaya dalam semalam karena menemukan meteorit."

Toh masih ada yang memilih untuk menjual pecahan tersebut dengan nilai yang lebih tinggi dari emas. Dikabarkan pecahan meteorit tersebut dijual senilai 266,56 yuan atau sekitar Rp 500 ribu per gramnya.

Malahan, penjualan untuk metorit tersebut bisa naik hingga 50.000 yuan atau sekitar Rp 100 jutaan per gramnya. Padahal biasanya harga untuk pecahan meteorit hanya Rp 3 ribuan per gramnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.