Sukses

Pemilik 5 Sifat Ini Diklaim Jadi Orang Kaya dan Sukses, Kamu Termasuk?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak individu menganggap bahwa kesuksesan seseorang didukung dari tingkat IQ dan kecerdasan otak. Namun nyatanya, hal tersebut disangkal pakar ekonomi dan peraih penghargaan Nobel James Heckman.

Menurutnya, hanya ada satu atau dua persen perbedaan antara pendapatan orang-orang yang punya nilai IQ tinggi dan yang biasa saja. Hal yang menjadi pembeda mendasar dan paling besar dari orang-orang sukses dan standard adalah sifat bawaan atau kepribadiannya. 

James menjelaskan dalam penelitiannya Proceedings of the National Academy of Sciences bahwa ada Big 5 personality yang dimiliki orang sukses, yakni terdiri dari ketekunan, keuletan, perhatian terhadap detail, rajin dan disiplin diri.

Dengan timnya, dia melakukan analisis empat set data berbeda, termasuk nilai IQ, hasil tes standar, peringkat, dan tes kepribadian untuk ribuan orang di Inggris, Amerika Serikat, dan Belanda. Hasilnya, peringkat dan tes kepribadian menjadi indikator paling besar menentukan kesuksesan finasial dibanding skor IQ.

James menambahkan bahwa peringkat akademik seseorang tak hanya mencerminkan kecerdasan, tapi juga 'keterampilan non kognitif' yang meliputi kemampuan untuk mendisiplinkan diri, kebiasaan belajar yang baik dan ketekunan. 

Jadi, keinginan dalam dirimulah yang mendukung keberhasilanmu.

Reporter:

Febi Anindyakirana

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini 2 Zodiak yang Paling Bijak
Artikel Selanjutnya
6 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Makin Kaya