Sukses

Rayakan Hari Perempuan Internasional dengan 10 Film Menarik Ini

Liputan6.com, Jakarta - Hari Perempuan Internasional dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 8 Maret. Tentu ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk merayakannya. Salah satunya ialah menonton film yang mengangkat tema wanita.

Ternyata, banyak film yang mengangkat isu-isu seputar perempuan sebagai tema utama. Apakah kamu sudah tahu film-film apa saja yang mengangkat tema perjuangan wanita tersebut? 

Manis, sedih dan memberikan inspirasi bagi para wanita untuk semakin tangguh menghadapi berbagai tantangan menjadi jalan cerita dari film-film itu. Tentu saja, dengan menonton salah satu dari film itu saat peringatan Hari Perempuan Internasional dapat membuatmu lebih menghargai wanita. 

Berikut daftar 10 film yang wajib kamu tonton untuk merayakan Hari Perempuan Internasional.

1 dari 11 halaman

1. Zero Dark Thirty (2012)

Dirilis pada tahun 2012, Zero Dark Thirty menceritakan perjuangan Maya, petugas CIA wanita, yang mendedikasikan karirnya sejak lulus sekolah untuk mengumpulkan informasi terkait keberadaan Osama bin Laden, ketua al- Qaeda. Film karya Kathryn Bigelow ini berhasil masuk dalam 5 kategori nominasi Piala Oscar 2013 dan 4 kategori nominasi Golden Globe Awards.

Film karya Kathryn Bigelow ini berhasil menduduki tempat kehormatan karena masuk dalam 5 kategori nominasi PialaOscar 2013 dan 4 kategori nominasi Golden Globe Awards. Selain itu, penghargaan Sutradara Film terbaik diberikan kepada Kathryn Bigelow. Penghargaan ini kedua kalinya diberikan kepada wanita di mana pertama diterima oleh Kathryn atas karyanya film The Hurt Locker.

2 dari 11 halaman

2. Elizabeth (1998)

Rilis tahun 1998, Elizabeth ialah film biografi yang ditulis oleh Michael Hirst dan disutradarai oleh Shekhar Kapur, menceritakan peran Ratu Elizabeth I, Inggris. Film ini memenangkan lebih dari 10 penghargaan termasuk di antaranya Aktris Terbaik dari Golden Globe Awards, London Critics Circle Film Award, Chicago Film Critics Association Award, dan BAFTA Awards.

3 dari 11 halaman

3. Erin Brockovich (2000)

Film Biografi mengenai perjuangan Erin Brockovich dalam melawan raksasa energi yaitu Perusahaan Pacific Gas & Electric Company (PG&E) dalam kasus kontaminasi air minum. Diperankan oleh Julia Robert, film ini berhasil meraih 5 nominasi Academy Awards.

Termasuk di antaranya Aktris Terbaik di Peran Utama dan Aktor Pendukung Terbaik. Julia Robert berhasil memenangkan penghargaan prestigius Aktris Terbaik dari Academy Award.

4 dari 11 halaman

4. The Joy Luck Club (1993)

Fokus pada hubungan antara ibu dan anak, film The Joy Luck Club melihat sisi kehidupan 4 orang wanita imigran dari Cina kemudian menetap di San Fransisco. Para wanita ini rutin melakukan pertemuan untuk bermain mahjong sembari berbagi suka duka atas menjadi ibu untuk anak perempuan yang harus berhadapan dengan kultur Asia dan Amerika.

The Joy Luck Club menerima 8 nominasi penghargaan dengan dua di antaranya menang atas Best Casting untuk Feature Film oleh Casting Society of America dan 10 Film Terbaik dari National Board of Review.

5 dari 11 halaman

5. Amelie (2001)

Film Prancis ini berkisah seputar kehidupan Amelie yang bertekad untuk mengubah keadaan sekitar walaupun dia sendiri menghadapi masalah dalam hidupnya. Diperankan oleh Audrey Tautou, film komedi romantis ini mendapat banyak penghargaan di industri perfilman seperti Film Terbaik oleh European Film Awards, Skrip Terbaik dari BAFTA Awards, dan menerima 5 nominasi oleh Academy Award.

6 dari 11 halaman

6. Million Dollar Baby (2004)

Rilis pada tahun 2004, Million Dollar Baby telah menerima banyak penghargaan prestigious seperti Sinematografi Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktris Terbaik, dan Aktor Pendukung Terbaikdari Academy Award. Million Dollar Baby menceritakan kisah seorang pelatih boxing yang tidak dihargai. Kemudian, ia bertekad untuk membantu boxer yang dipandang sebelah mata oleh dunia dan membuktikan bahwa mereka dapat sukses.

Margaret "Maggie" Fitzgerald, pelayan dari kota Missouridatang ke Hit Pit yaitu gym yang dimiliki oleh Frankie Dunn untuk diajarkan cara boxing. Setelah mendapat penolakan, Maggie tidak menyerah hingga ia membuktikan saat mengikuti lomba dengan hadiah senilai $1 juta di Las Vegas, Nevada.

7 dari 11 halaman

7. Mona Lisa Smile (2003)

Katherine Ann Watson (diperankan oleh Julia Roberts) memiliki visi bahwa sistem pengajaran perlu lebih menarik dan membahas topik seni yang lebih kritis. Sebagai dosen di divisi Sejarah Seni di Wellesley College, ia melihat mahasiswi terlalu serius dalam menghapal silabus dan konvensional.

Pemikiran Katherine yang kritis mengakibatkan terjadi perbedaan pendapat dengan presiden universitas. Namun, Katherine sangat mengenal muridnya dan terus mendorong muridnya untuk mencapai mimpi setinggi mungkin. Film yang menggunakan judul salah satu pelukis terkenal yaitu Leonardo da Vinci ini menempati posisi kedua di minggu pertama rilis di Amerika Serikat.

8 dari 11 halaman

8. The Iron Lady (2011)

Sudah tidak asing lagi kisah Margaret Thatcher sebagai perdana menteri wanita pertama dan menjabat posisi ini terlama di Inggris. Diperankan oleh Meryl Streep, kita bisa melihat mimpi dan perjuangan Margaret hingga menempati posisi tertinggi di negara yang masih mengedepankan budaya patriarkal. Memerankan film ini, Meryl Streep mendapat nominasi dan memenangkan nominasi Aktris Terbaik ke 17 oleh Oscar.

9 dari 11 halaman

9. Gone with the Wind (1939)

Sebuah film romantis klasik menceritakan kehidupan Scarlett O'Hara, anak dari salah satu pemilik kebun terbesar di Georgia. Berlatar kehidupan penduduk kulit putih di Amerika bagian Selatan, film ini menampilkan suasana Amerika Serikat saat menghadapi Perang Saudara. Mimpi Scarlett untuk memiliki kisah kehidupan yang romantis, kita akan dibawa untuk melihat bagaimana trik dan cara Scarlett mewujudkannya.

10 dari 11 halaman

10. The Help (2011)

Menampilkan kisah asisten rumah tangga keturunan Afrika Amerika yang bekerja di rumah-rumah warga kaya di Jackson, Mississippi pada awal tahun 1960. Diangkat dari novel karya Kathryn Stockett, ia memerlukan waktu 5 tahun untuk menyelesaikan dan ditolak oleh 60 penerbit.

Saat ini, The Help telah terbit di 35 negara dan diterjemahkan ke 3 bahasa. Rilis pada tahun 2011, The Helpmenerima 4 nominasi Academy Award termasuk Best Picture, Aktris Terbaik, dan 2 Aktris Pendukung Terbaik.

Film mana yang akan kamu tonton hari ini?

 

Reporter: yel

Sumber: Vemale.com

Artikel Selanjutnya
Pria, Ini yang Perlu Kamu Pelajari pada Hari Perempuan Internasional
Artikel Selanjutnya
Di Hari Perempuan Internasional, Hanung Bramantyo Bagikan Kabar Gembira