Sukses

Orangutan Merokok di Kebun Binatang Bandung, Videonya Gemparkan Medsos

Liputan6.com, Jakarta - Setelah terjadi kasus pemberian minuman keras terhadap hewan di Taman Safari Indonesia, Bogor, November 2017, kini kasus serupa sepertinya terulang kembali.

Namun, kali ini bukan minuman keras, melainkan sebuah rokok. Hal tersebut diketahui setelah beredarnya sebuah  video orangutan tengah mengisap rokok yang diduga terjadi di Kebun Binatang Bandung, Jawa Barat. 

Video yang diunggah akun Marison Guciano di Facebook ini memperlihatkan orangutan tengah memungut dan menghisap rokok yang dibuang sengaja oleh salah satu pengunjung nakal.

Video berdurasi sekitar satu menit itu merekam pengunjung nakal yang sengaja melemparkan rokok, langsung ke kandang primata endemik Sumatera dan Kalimantan.

1 dari 3 halaman

Rokok Tersebut Masih Menyala

Selain itu, akun tersebut juga menuliskan sesuatu bersama dengan video yang diunggahnya, seperti berikut ini:

"Orangutan di Kebun Binatang Bandung ini diberi rokok oleh pengunjung yang bodoh. Pengunjung tidak tahu bagaimana cara menangani hewan, namun kurangnya pengawasan oleh pengelola kebun binatang adalah juga persoalan, dan merupakan salah satu isu yang harus diatasi. Indonesia saat ini membutuhkan standar kesejahteraan hewan di kebun binatangnya," tulis Marison dalam akun Facebook-nya.

Video itu awalnya memperlihatkan para pengunjung di sekitar kandang orangutan. Salah satu pria yang memakai baju hitam kemudian membuang rokok yang sudah menyala ke kandang satwa dilindungi itu yang langsung dipungut orangutan itu untuk kemudian diisapnya persis manusia mengisap rokok.

2 dari 3 halaman

Harusnya Pengunjung Ikut Menjaga Bintang

Saat dihubungi, Marison Guciano yang juga pemerhati satwa mengatakan, video itu diambil pada Minggu, 4 Maret 2018, oleh seorang relawannya saat mengunjungi Kebun Binatang Bandung.

"Kejadiannya di Kebun Binatang Bandung, Minggu, 4 Maret. (Kebetulan) ada relawan saya yang ke sana," kata dia, Selasa (6/3/2018), dilansir Antara.

Dia pun mengaku memprihatinkan kejadian ini. Sebab, para pengunjung seharusnya bisa ikut menjaga binatang-binatang yang tinggal di kebun binatang, bukan malah melakukan hal yang bertentangan dengan kebiasaan satwa.

Marison meminta pengelola kebun binatang untuk lebih serius memperhatikan satwa-satwanya dan mengedukasi secara masif para pengunjung, tidak sebatas lewat papan informasi.

"Karena tidak semua pengunjung cerdas ada juga yang bodoh seperti kasus lempar rokok ke kandang orangutan ini," ujarnya.

**Berita ini Sebelumnya sudah pernah tayang di Kanal Regional Liputan6.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Intip 7 Pose Dylan Sada, Gayanya Nyentrik dan Stylish Abis
Artikel Selanjutnya
Bianca Jodie Tereliminasi, Ini yang Bikin Ari Lasso Tetap Salut