Sukses

Selain Cuci Piring, Ini 6 Manfaat Serbaguna Spons untuk Kehidupan

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memberikan kemudahan saat mencuci piring, biasanya banyak orang menggunakan spons. Ternyata spons tak hanya mempunyai fungsi untuk mencuci piring saja lo, ada sejumlah kegunaan lainnya yang dari spons.

Melansir Savy, Selasa (6/2/2018) berikut kegunaan lainnya dari spons yang perlu kamu tahu.

1. Pembersih microwave dan oven

Spons bisa digunakan untuk membersihkan oven. Source: Savy

Selain menjadi alat pembersih untuk mencuci piring, spons juga bisa digunakan untuk membersihkan microwave dan oven. Biasanya untuk oven, kamu bisa memotong bagian permukaannya secara mendatar dan vertikal.

Setelah itu kamu bisa membersihkan bagian besi dalam panggangan oven dengan secara menyeluruh sampai bersih dengan menggunakan spons.

1 dari 6 halaman

2. Melindungi dinding

Paku yang biasa ditempel dalam dinding biasanya akan dikeluarkan supaya tak mengganggu pemandangan dalam rumah. Sayangnya, mencabut paku dapat menimbulkan noda pada dinding.

Untuk mencegah noda dapat timbul, kamu dapat gunakan spons di bawah alat pencabut paku agar tak menimbulkan bekas kepada dinding.

2 dari 6 halaman

3. Busa spons untuk cincin

Kamu punya banyak koleksi cincin dan bingung untuk menaruhnya? Dengan spons, masalahmu mungkin bisa teratasi. Mulanya sesuaikan bentuk spons dengan kotak penyimpanan cincin.

Setelah sesuai kamu bisa memotong-motong permukaan spons, tapi jangan sampai terlalu dalam dan membuan spons terpisah-belah. Kemudian kamu bisa taruh cincin di dalam lapisan spons yang telah kamu potong agar mereka bisa ditempatkan dalam posisi berdiri.

3 dari 6 halaman

4. Kantong es

Biasanya banyak orang menggunakan tempat khusus untuk menjaga makanan seperti kue dan es krim agar tidak mudah mencair. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yakni mendinginkan spons.

Mulanya basahi spons dengan air dan peras sampai kandungan air dalam spons hanya tersisa 70 persen di dalamnya. Kamu bisa taruh spons pada kantung resleting dan dinginkan dalam freezer. Bawa spons yang telah didinginkan dalam waktu yang lama di freezer, agar makanan dingin tak mudah meleleh.

4 dari 6 halaman

5. Membersihkan botol

Salah satu hal yang terbilang sulit untuk dibersihkan adalah botol. Karena bagian corong mereka yang kecil, hal ini terasa menyulitkan untuk dibersihan. Namun, spons bisa membantumu untuk membersihkannya.

Pertama potong spons sampai menjadi dua bagian atau dipotong dengan ukuran yang pas sampai bisa dimasukkan ke dalam corong pada atas botol. Gunakan pisau untuk membuat lubang kecil dalam spons supaya magnet bisa dimasukan ke dalamnya. Lalu gunakan lem agar menutup lubang tersebut.

Lakukan hal tersebut ke spons satunya. Dari situ kamu bisa memasukan spons ke dalam botol dan membersihkannya dengan menggunakan spons lain di luar botol. Spons di dalamnya akan bergeser mengikuti gerakanmu karena adanya magnet di dalamnya.

5 dari 6 halaman

6. Pembersih kuku

Membesihkan kuku dengan cara konvensional biasanya menuangkan cairan pembersih ke dalam kapas. Ada cara lain yang lebih mudah tanpa harus menggunakan banyak kapas. Kamu bisa memotong spons menjadi dua bagian dan memasukannya ke dalam toples.

Setelah itu, masukkan cairan pembersih kuku ke dalam toples dan biarkan cairan diresap oleh spons. Setelah itu kamu hanya perlu memasukan jarimu ke dalam toples dan menggeraknnya. Tak butuh beberapa menit, kuteks bisa langsung hilang dan bersih.

Artikel Selanjutnya
Manfaat Unik dari Pasta Gigi Selain untuk Kebersihan Mulut
Artikel Selanjutnya
Kulit Cantik dan Segar Selama Ramadan, Coba Masker Buah Ini