Sukses

Terungkap, Rahasia Pembawa Keberuntungan bagi Masyarakat Jepang

Liputan6.com, Jakarta Meskipun Jepang telah menjadi negara yang sangat modern dan maju, ternyata kepercayaan mengenai jimat masih dipercaya oleh warganya.

Sebagai negara dengan peradaban yang maju, Jepang masih kental melestarikan budaya dan kepercayaannya. Sejumlah orang di sana masih mempercayai kemampuan spiritual dari jimat.

Jimat yang sangat populer adalah Omamori. Ini merupakan jimat asal Jepang yang mudah dibawa ke mana-mana. Orang Jepang percaya bahwa omamori mengandung kekuatan untuk memberikan perlindungan dan keberuntungan. Biasanya omamori akan dengan mudah diperoleh di seluruh kuil-kuil Jepang.

Orang-orang Jepang umumnya akan menempatkan omamori di mana pun. Mereka biasanya menaruh atau menggantungkannya di ponsel, mobil, tas, dompet, sampai dengan rumah. Jimat itu sendiri memiliki berbagai bentuk dan warna.

 

 

2 dari 3 halaman

Pilih Omamori sesuai tujuan. Kesuksesan atau percintaan?

Setiap warna dan bentuk yang dibentuk bisa memiliki fungsinya masing-masing. Mulai dari kesuksesan, percintaan, keuangan, keselamatan, serta kebahagiaan disediakan oleh jimat di sejumlah kuil.

Misalnya saja, jimat shoubaihanjou yang dikhususkan sebagai jimat uang. Jimat itu memiliki ciri khas berwarna kuning dan kerap digunakan oleh orang-orang yang bekerja di bidang keuangan.

Ada pula jimat koutsuanzen yang lazimnya digantung di kaca spion mobil. Para sopir taksi percaya jimat tersebut dapat memberikan keselamatan saat berkendara jalan raya. Sehingga tak aneh jika kamu berkungjung ke Jepang dan menemukan jimat itu pada mobil taksi.

Jimat omamori dipengaruhi oleh ajaran Shinto dan Buddha. Para pendeta kuil percaya bahwa menempatkan kekuatan spiritual ke dalam sebuah kantung kecil bisa memberikan motivasi dan rasa aman.

Selain itu, tujuan utama mereka, yakni untuk menjauhkan berbagai macam roh jahat dan melindungi orang-orang dari hal-hal buruk.

3 dari 3 halaman

Ada aturan khusus memakai Omamori

Namun, ada sejumlah aturan khusus untuk menggunakan omamori. Salah satunya, seperti tak boleh membuka omamori jika kamu tak mau kehilangan berkat dan keberuntungan dari jimat tersebut. Jimat yang kotor juga merupakan tanda bahwa jimat itu tengah berjuang bersamamu dalam kehidupan sehari-hari.

Jika jimat rusak, hal itu berarti tanda yang baik. Orang-orang percaya bahwa jimat yang rusak berusaha melakukan fungsinya untuk melindungimu.

Para pendeta kuil atau miko (gadis kuil) akan memberitahu tentang tanggal kedaluwarsa dari omamori. Lazimnya, omamori akan bisa digunakan dalam jangka waktu satu tahun.

Jika sudah sampai pada batas waktunya, maka kamu harus kembalikan jimat itu ke pihak kuil di tempat kamu membelinya. Rata-rata jimat itu nantinya akan dibakar bersama jimat-jimat lainnya.

Orang-orang Jepang juga akan memanfaatkan waktu tahun baru untuk membeli jimat baru. Oleh karena itu, omamori akan laku keras pada awal tahun baru. Selain sebagai pemberi keberuntungan, omamori juga bisa digunakan sebagai suvenir.

Harga untuk membeli omamori mulai dari 300 yen hingga 1000 yen (setara dengan 36 ribu sampai dengan 120 ribu rupiah).

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengantuk, Pria Jepang Masukkan Makanan ke dalam Mesin Cuci
Artikel Selanjutnya
Kanada Evakuasi Warganya dari Kapal Diamond Princess Kamis Malam Ini