Sukses

Kastil Misterius Berbentuk Segi Delapan Jadi Situs Warisan Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Di sebuah bukit di Andria, wilayah Apulia, Italia, terdapat sebuah bangunan yang cukup aneh. Benteng abad ke-13 ini memiliki bentuk segi delapan dengan masing-masing sudutnya memiliki menara berbentuk segi delapan pula.

Sejatinya, benteng yang dibangun oleh Kaisar Romawi Suci Frederick II ini tidak dibangun untuk mempertahankan wilayah. Beberapa orang percaya bahwa benteng Castel del Monte hanya dijadikan pondok persinggahan.

Bentuk unik segi delapan kastil ini telah menjadi bahan perdebatan di kalangan ilmuwan. Frederick II bertanggung jawab atas pembangunan banyak istana di wilayah Apulia. Namun, selain Castel del Monte tidak ada lagi bangunan yang ia bangun memiliki bentuk segi delapan.

2 dari 2 halaman

Spekulasi Terkait Bentuk Bangunan

Beberapa sejarawan berspekulasi bahwa oktagon adalah simbol antara persegi (mewakili bumi) dan lingkaran (mewakili langit). Frederick II mungkin telah terinspirasi untuk membangun bentuk ini dari Dome of the Rock di Yerusalem yang ia lihat selama Perang Salib atau oleh Kapel Istana Katedral Aachen.

Pada 1990-an, benteng tersebut ditambahkan ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO yang mengutipnya sebagai "karya arsitektur abad pertengahan yang unik".

 

Novita Ayuningtyas

STMM "MMTC" Yogyakarta

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6