Sukses

Mengucek Mata, Nyaman Tapi Bahayanya Nyata

Tahukah kamu mengucek mata dapat menyebabkan katarak, bahkan kebutaan?

Liputan6.com, Jakarta Mengucek mata adalah kebiasaan refleks yang banyak dilakukan orang. Mengucek mata memang memberikan rasa nyaman saat kita terkena kotoran, tetapi tahukah kamu mengucek mata dapat menyebabkan katarak, bahkan kebutaan?

Nah mari kita bahas bersama. Menurut sebuah situs sains, saat kelopak mata tersentuh benda asing seperti tangan atau debu, hal ini akan membuat mata menerima tekanan 5 sampai 10 kali lebih besar daripada mata dalam keadaan normal. Mengucek mata saat kondisi seperti ini bisa merusak bagian depan mata.

Kombinasi tekanan pada mata dan kerusakan mekanis akibat mengucek mata bisa membahayakan kornea. Umumnya, Kornea akan melemah dan terdorong ke depan. Bentuknya jadi runcing dan kondisi ini dikenal dengan keratoconus.

“Menggosok mata terlalu keras, sering, dan dalam jangka lama bisa memberi tekanan mata lebih besar bisa memberi tekanan mata lebih besar, seolah-olah Anda ingin mendorong mata ke bagian belakang kepala,” kata dokter mata dan peneliti dari School of Optometry and Vision Science di University NSW, Profesor Charles McMonnies, seperti dilansir laman ABC.net.au

Bukan hanya itu, dengan mengucek mata akan menyebabkan penebalan lapisan putih pada mata kita, yang biasa disebut katarak. Dampak terburuk dari mengucek mata dengan keras adalah kebutaan.

Mengapa? Karena mengucek mata dengan keras itu mengurangi kinerja syaraf mata, yang jika dilakukan dalam jangka waktu lama syaraf tersebut akan rusak, sehingga tidak bisa menyalurkan bayangan yang diterima mata ke otak, yang biasa disebut kebutaan.

Namun, sebenarnya mengucek mata tidak selamanya berbahaya asal dilakukan dengan lembut. Sebab, mengucek mata akan merangsang keluarnya air mata sehingga bisa melumasi mata yang kering sambil menghilangkan debu.

Nah ada tips untuk kamu saat mata terasa pedih dan gatal, yakni:

1. Usahakan sebisa mungkin untuk tidak mengucek mata. Jika memang ingin mengucek mata, lakukan dengan lembut. Ibaratnya cara ini adalah pertolongan pertama.

2. Saat mata terkena benda asing, coba pejamkan mata anda sebentar. Hal ini dapat merangsang keluarnya cairan mata. Ibaratnya cara ini harus penuh kesabaran. Karena kebanyakan dari kita jika mata terkena debu, maka tangan langsung refleks bergerak ke mata.

3. Rendamlah mata menggunakan rendaman daun sirih. Pengobatan herbal seperti ini akan lebih aman dilakukan. Namun cara ini tidak biasa dilakukan ketika mata kita spontan terkena debu atau kotoran. Ribet, pasti! Kebanyakan cara ini dipakai ketika mata kita memang benar-benar dalam kondisi parah.

Penulis:

Febrianto Fahmi Ramadhani

Alamat : Perumahan Bluru Permai FN 12 Sidoarjo, Jawa Timur

Pekerjaan : Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini