Sukses

Berapa Lama Seharusnya Kita Buang Air Besar? Ini Jawabannya

Pernahkah Anda bertanya-tanya seberapa lama seharusnya Anda menghabiskan waktu saat buang air besar?

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan kita menghabiskan waktu cukup lama saat buang air besar di toilet. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya seberapa lama seharusnya Anda menghabiskan waktu saat buang air besar?

Bagaimanapun, para ilmuwan sangat tertarik untuk meneliti hal tersebut. Seperti dilansir dari Soft Matter, berdasarkan penelitian, Anda dianjurkan untuk buang air besar hanya 12 detik seperti kebanyakan mamalia lainnya.

Dipimpin oleh Patricia Yang, kandidat PhD di Georgia Institute of Technology, penelitian ini melibatkan 34 spesies mamalia berbeda. Baik herbivora maupun omnivora, diteliti waktu yang mereka habiskan saat buang air besar.

Menurut Patricia, mamalia dengan berat antara 4-4.000 kilogram (kg) tak pernah menghabiskan waktu buang air besar terlalu lama. Hanya sekitar 12 detik.

"Aroma limbah tubuh menarik predator yang berbahaya bagi hewan," kata Patricia pada New Scientist.

Lebih lanjut, Patricia menjelaskan bahwa semakin lama mamalia menghabiskan waktu untuk buang air besar, makin besar yang mereka pertaruhkan. Studi ini juga menemukan bahwa panjang masing-masing potongan feses, lima kali lebih panjang dari diameter masing-masing rektum hewan.

Lalu mengapa penelitian tersebut dikaitkan dengan manusia? Karena pada dasarnya manusia juga merupakan mamalia.

Untungnya, hal yang berbeda terjadi pada manusia. Kita bisa meluangkan waktu lebih lama saat buang air besar karena tidak harus mempertaruhkan nyawa hanya untuk buang air.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.