Sukses

FoodBOX, Makanan Gratis untuk Orang Tak Berpunya

Pengelolaan FoodBOX diharapkan bisa melibatkan pihak manajemen masjid dalam mendayagunakan uang kas yang ada.

Liputan6.com, Jakarta Sekolah Relawan pada Rabu (23/11/2016) kembali meluncurkan program baru ke tengah masyarakat. Hampir sama seperti program FFC atau Free Food Car yang menyediakan makanan gratis untuk para dhuafa, fakir, miskin dan musafir. Bedanya, jika FFC dilakukan dengan menggunakan mobil, FoodBOX dalam melayani masyarakat dilakukan dengan menggunakan box atau kotak.

FoodBOX sebenarnya akan ditempatkan di sudut-sudut jalan. Tapi bicara tentang keamanan dalam pengelolaan, akhirnya kami mengajak kerja sama pihak DKM atau Takmir Masjid Jami’ Al-Muthmainnah di Jalan Raya Meruyung Kec. Limo, Kota Depok, sebagai tempat pelaksanaan perdana program FoodBOX

Bukan hanya bicara soal keamanan, pengelolaan FoodBOX diharapkan bisa melibatkan pihak manajemen masjid dalam mendayagunakan uang kas yang ada. Sehingga uang kas tidak hanya digunakan untuk renovasi masjid atau biaya operasional masjid seperti membayar listrik dan air.

Selain berharap kepada pihak pengurus masjid, dalam teknis pelaksanaan program FoodBOX seperti menjamin ketersediaan makanan dan minuman dalam box/kotak juga melibatkan masyarakat. Bagi yang ingin berdonasi bisa langsung mengisi FoodBOX dengan makanan yang dibawa dari rumah.

FoodBOX

Peran program ini bukan hanya sekedar menjamin ketersediaan makanan bagi mereka yang membutuhkan. FoodBOX juga akan membangkitkan peran masjid dalam melaksanakan fungsi sosialnya. Itu kenapa di Sekolah Relawan lahir istilah MSR atau Mosque Social Responsibility.

Kami sangat terbuka bagi siapapun yang ingin ikut berkontribusi dalam mengembangkan program FoodBOX. Mulai dari patungan untuk menyediakan kotak FoodBOX berikutnya sampai kerja sama pengelolaan FoodBOX secara utuh oleh pihak masjid terkait.

Selanjutnya, tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan relawan. Karena peran mereka yang membuat kami bisa melahirkan ide-ide program kebaikan untuk masyarakat.

Terinspirasi dan Bergerak Dony Aryanto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini