Sukses

Unik, Stasiun Kereta Api Ini Hanya Punya Satu Penumpang Tiap Hari

Citizen6, Jepang Jepang dikenal dengan pemerintahannya yang amat menghargai rakyatnya. Bagi pemerintah Jepang, kenyamanan warga negara adalah hal yang harus diproritaskan. Pola pikir menghargai orang lain ditanamkan sejak dini di Jepang. Hal inilah yang membuat Jepang terkenal dengan budaya yang begitu menjunjung tinggi hak orang lain.

Di sudut terpencil Jepang, ada kisah unik sebuah stasiun kereta api. Stasiun kereta api Kami-Shirataki. Terletak di pulau paling utara di Jepang, pulau Hokkaido, awalnya Japan Railway selaku perusahaan kereta api yang mengontrol jalur tersebut memutuskan untuk menutup Stasiun Kami Shirataki.

- 

Pemikiran tersebut muncul tiga tahun lalu saat Japan Railway mendapati kalau jalur tersebut tidak mendatangkan keuntungan. Namun, mereka mengubah pikiran saat mengetahui seorang gadis muda menggunakan stasiun kecil itu untuk pergi ke sekolah setiap hari. Dilansir dari CCTVNews, Senin (11/01/2016), selama bertahun-tahun gadis itu telah menggunakan stasiun itu untuk pergi ke sekolah.

 -

Akhirnya, Perusahaan Japan Railway memutuskan untuk tetap menjaga stasiun kecil itu buka, demi satu penumpang. Stasiun itu akan dibuka sampai si gadis lulus sekolah menengah atas. Setiap hari, hanya dua kereta berhenti di Stasiun Kami-Shirataki dengan jadwal yang disesuaikan dengan waktu berangkat dan pulang si gadis.

Maret tahun ini, gadis itu akan lulus sekolah. Dan setelahnya, stasiun kecil ini akan tutup untuk selamanya. Menakjubkan bukan betapa demi satu orang penumpang, perusahaan tersebut rela merugi untuk tetap memberikan pelayanan terbaik. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Usia 80 Tahun, Nenek Ini Gigih Bekerja Sebagai Teknisi

Tutup Video
Loading