Sukses

9 Khasiat Luar Biasa Buncis yang Wajib Anda Tahu

Citizen6, Jakarta Anda pasti tidak asing dengan sayuran buncis. Buncis termasuk satu jenis sayur polong-polongan yang memiliki tekstur renyah dan rasa manis. Buncis biasa diolah menjadi aneka masakan, di antaranya sup, tumis, hiasan steak, dan lainnya. Buncis termasuk satu sayuran yang sangat direkomendasikan karena kaya akan nutrisi penting yang bagus untuk kesehatan dan tidak mengandung kolesterol serta lemak yang merugikan. 

Kandungan nutrisi dalam buncis

Meskipun terlihat sederhana, Anda jangan pernah meremehkan buncis. Sayuran ini mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh. Di antara kandungan nutrisi tersebut, antara lain vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin C, vitamin B6, protein, zat besi, kalsium, serat, kalsium, fosfor, potasium, dan zat penting lainnya, misalnya zat b-sitosterol dan stigmasterol.

Manfaat buncis bagi kesehatan

1. Mencegah penyakit jantung

Kandungan flavonoida, potassium, serta serat yang tinggi dalam sayur buncis dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, antioksidan jenis ini juga bersifat anti-inflamasi sehingga ampuh mencegah pembekuan darah.

2. Mencegah kanker

Buncis mengandung antioksidan tinggi yang ampuh menangkal radikal bebas perusak sel sehat yang dapat memicu kanker.

3. Menurunkan kadar gula darah

Buncis mengandung zat b-sitosterol dan stigmasterol yang berfungsi sebagai pengontrol kadar gula dalam darah sehinggga membantu menekan tingkat kadar gula dalam darah.

4. Mencegah sembelit dan konstipasi

Buncis kaya akan serat yang ampuh melancarkan sistem pencernaan, mencegah konstipasi maupun sembelit. 

Selengkapnya, baca langsung di sini *

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6