Sukses

Orang Pintar Tak Akan Melakukan Tujuh Hal Ini

Citizen6, Jakarta Menjadi orang yang pintar dan terpelajar adalah harapan banyak orang, karena itulah sedari kecil kita diperkenalkan dengan bangku sekolah. Mempelajari hal-hal baru untuk menambah pengetahuan, sehingga dapat meraih prestasi yang gemilang.

Pintar tak hanya soal bagaimana ketika Anda berhasil menjawab semua pertanyaan, dan mendapatkan ranking bagus juga prestasi yang gemilang. Pintar adalah sebuah arti luas, di mana hal tersebut menyangkut banyak hal seperti kreatifitas yang tinggi, selalu bersyukur, ramah terhadap sesama, dan memiliki kepribadian yang baik.

Orang yang pintar sangat mengerti untuk melakukan hal hebat tak selalu harus mengikuti ketentuan yang sudah ada. Ada beberapa ciri yang biasanya menunjukan pintar atau tidaknya seseorang, karena sikap dan perilaku mereka biasanya selalu menunjukan hal yang positif. Lalu apa sajakah hal yang biasanya tidak mereka lakukan? Berikut ulasannya.

2 dari 8 halaman

1

1. Mereka tak membiarkan kesalahan di masa lalu menggangu kehidupannya sekarang

Kesuksesan tanpa kesalahan adalah sebuah kegagalan, dan orang yang pintar selalu mengerti akan hal itu. Namun, orang pintar menggunakan kesalahan tersebut sebagai tamparan dalam hidup mereka, memacu mereka untuk melakukan hal yang jauh lebih baik lagi. Dengan melakukan kesalahan, mereka menjadi mengerti apa yang seharusnya dilakukan agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

Terlalu memikirkan kesalahan yang sudah mereka perbuat lalu menyesalinya tanpa melakukan perubahan yang jauh lebih baik hanya akan menutup kesempatan untuk mengembangkan diri agar menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

3 dari 8 halaman

2

2. Mereka tidak akan melarikan diri dari masalah

Sudah menjadi sebuah kodrat kehidupan ketika suatu masalah menghampiri hidup Anda, masalah datang untuk dihadapi dengan sebuah solusi, dan proses mengatasi masalah inilah yang membuat setiap orang menjadi lebih bijaksana, kreatif, cerdas, dan dewasa.

Melarikan diri dari masalah yang muncul hanya akan membuat diri Anda tenang untuk waktu yang sementara, kemudian Anda akan selalu merasa jika masalah tersebut mengejar Anda. Orang pintar tak pernah lari dari masalah, mereka lebih memilih untuk mencari solusi dan mengatasi masalah yang mereka miliki. Dengan mencari solusi dari setiap masalah, akan merangsang otak Anda untuk berpikir, melatih Anda dalam setiap mengambil keputusan hidup yang akan dijalani ke depannya.

4 dari 8 halaman

3

3. Orang pintar tidak pernah membuang waktunya

Setiap manusia memiliki jatah waktu yang sama dalam sehari, yakni 24 jam. Orang yang pintar cenderung dapat memanfaatkan seluruh jatah wakunya dalam sehari untuk melakukan hal yang berguna, tanpa membuang sedikit pun waktu tersebut dengan percuma. Mereka sudah merancang waktunya untuk bekerja dan beristirahat secara seimbang. Mereka juga percaya, berbaur dengan orang-orang yang tidak mendukung mereka adalah bentuk dari membuang-buang waktu.

5 dari 8 halaman

4

4. Mereka tidak pernah mengharapkan segala sesuatu secara instan

Hal-hal baik hanya akan menghampiri mereka yang mau menunggu dengan tabah, dan orang pintar tahu betul bahwa segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang instan. Semua hal membutuhkan proses, dan setiap proses adalah sebuah pembelajaran.

6 dari 8 halaman

5

5. Berhenti fokus terhadap hal yang tidak dapat mereka tangani

Orang pintar percaya, bahwa tidak semua hal harus dapat mereka raih. Untuk dapat meraih suatu tujuan, yang dibutuhkan adalah fokus terhadap hal yang akan membawa mereka ke tujuan tersebut. Namun mereka tak akan memaksakan diri untuk fokus terhadap banyak hal yang tidak bisa mereka tangani. Lebih baik fokus pada satu hal namun berhasil, dibanding fokus terhadap banyak hal, namun tak ada satu pun yang membawa Anda mencapai tujuan yang ingin Anda raih karena terlalu memaksakan diri.

7 dari 8 halaman

6

6. Mereka selalu berusaha untuk menjauhi sikap sombong

Jika Anda menemukan orang yang mengatakan dirinya pintar, berarti Anda telah bertemu dengan orang pintar yang salah. Orang yang pintar itu selalu merasa dirinya belum cukup pintar, walaupun sebenarnya mereka rela berbagi ilmu yang mereka miliki kepada orang lain. Mereka juga tak akan pernah suka untuk memamerkan pencapaiannya, atau menghubungkan apa yang sedang ia lakukan dengan pencapaiannya terdahulu saat sedang berbicara dengan orang lain. Dan yang terpenting, orang pintar tak akan pernah lupa untuk selalu berterimakasih pada orang lain.

8 dari 8 halaman

7

7. Orang pintar tidak akan memperdulikan apa yang orang lain pikirkan tentang diri mereka

Dalam menjalankan hidup, komentar negatif dari orang lain tidak dapat dipisahkan. Orang yang pintar sangat mengerti hal ini. Mereka tidak terlalu memperdulikannya, dan membiarkan opini negatif orang lain tersebut berlalu begitu saja, mereka tak akan membiarkan diri mereka berada dalam ruang lingkup yang tidak memberikan dampak positif bagi hidup mereka. Mereka lebih memilih untuk berada di sekeliling orang yang mau untuk saling berbagi ilmu, bukan saling menebar kebencian ataupun sikap sinis dan saling bermusuhan.

(soy/ul)

 

Penulis:

Soyid Prabowo

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6