Sukses

6 Bakteri pada Daging yang Berbahaya dan Cara Mengatasinya

Citizen6, Jakarta Daging adalah sumber protein yang baik bagi kesehatan. Biasanya pada hari raya Idul Adha ini banyak orang yang mengolah daging menjadi berbahai macam menu. Daging segar jika tak ditangani dengan baik bisa tercemar bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

Seperti yang ditulis di blog keren ini ada 6 macam bakteri yang biasa terdapat pada daging. Bakteri tersebut adalah:

1. Bakteri E. Coli

Bakteri ini berkembang biak dalam isi perut binatang ternak. Bakteri E coli bisa mencemari daging dengan mudah saat proses pemotongan hewan qurban. Bakteri ini memproduksi racun dan menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan. Cara mengatasi bakteri ini mengolah daging yang sempurna/matang.

2. Bakteri Clostridium botolinum

Bakteri ini menghasilkan zat racun yang bisa menyerang syaraf pusat, menyebabkan gangguan pernafasan, kelumpuhan hingga kematian. Untuk mengatasinya Anda bisa memanaskan makanan sebelum dikonsumsi.

3. Clostridium Perfringens

Bakteri ini jika tertelan bisa mengakibatkan keracunan makanan. Untuk menghindari bakteri jenis ini, jagalah kebersihan daging dan pastikan memasaknya hingga matang sempurna.

4. Bakteri Salmonella

Bakteri yang bisa menyebabkan typhus, gangguan pencernaan, diare, demam enteric ini biasa hidup pada saluran pencernaan hewan. Cara membunuh bakteri ini dengan memasak daging sampai matang.

5. Staphylococcus aureus

Munculnya bakteri ini akibat proses pemotongan, penyimpanan dan pengolahan yang salah. Untuk menghindarinya, pastikan menangani hewan qurban dengan baik, dari proses pemotongan, penyimpanan dan juga pengolahannya.

6. Antraks

Penyebab penyakit ini adalah bakteri Bacillus anthracis yang bisa menular kepada manusia. Untuk mencegah tertular penyakit ini, pastikan Anda memasak daging hingga matang, jaga kebersihan dan cuci tangan sebelum makan.  

Meski daging rasanya lezat, pastikan semuanya aman untuk tubuh kita

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6