Sukses

Kreatif, Pria Ini Bikin Maket Kota dari Uang Koin

Di tangan seniman, fungsi uang koin tidak hanya sebagai alat pembayaran.

Citizen6, Jakarta Di tangan seniman, fungsi uang koin tidak hanya sebagai alat pembayaran. Tapi bisa juga dijadikan media untuk menuangkan ide kreatifnya. Seperti yang dilakukan pria Cina bernama Peiqi. Ia berhasil membangun maket Kota Chongqing dengan menggunakan 50.000 uang koin dari 11 negara dengan 11 jenis yang berbeda di apartemennya di Kota Chongqing.

Peiqi membutuhkan waktu selama satu bulan untuk menumpuk uang koin tersebut. Sedikitnya selama dua jam sehari ia sisihkan waktu untuk menyusun koin-koin tersebut. Hebatnya lagi, dalam menyusun uang koin tersebut, Peiqi tanpa menggunakan lem atau perekat lainnya. Maket kota tersebut cukup lengkap, mulai dari jalan, jembatan, gedung pencakar langit dan hal yang cukup detail lainnya dari Kota Chongqing.

Di tangan seniman, fungsi uang koin tidak hanya sebagai alat pembayaran.

Ia mendapatkan koin tersebut dari rekan-rekannya yang bekerja di industri perdagangan koin. "Uang koin Cina kuno, hingga yang terbaru, dan koin asing sudah saya gunakan," katanya . Peiqi hanya menggunakan bahan lain, yaitu bebatuan berwarna hijau dan merah yang digunakan sebagai sungai utama kota, yaitu Sungai Yangtze dan Sungai Jialing.

Landmark utama kota seperti Jembatan E'gongyan di Sungai Yangtze, dan 28 jembatan di Sungai Jialing, cukup detail dibuat Peiqi. Begitu juga dengan landmark utama lainnya, seperti Jembatan Chaotian, Nanbing Petronas Towers hingga Sheraton Hotel, termasuk yang paling menonjol dari maket kota tersebut.

Di tangan seniman, fungsi uang koin tidak hanya sebagai alat pembayaran.

Namun maket koin tersebut sedikit rapuh karena tanpa bantuan koin. Bahkan saat para wartawan mendatangi apartemennya untuk melihat karya seninya tersebut, Peiqi memperingatkannya untuk berhati-hati untuk tidak menyentuhnya, Karena satu koin saja runtuh akan merusak seluruh struktur maket Kota Chongqing yang dibuatnya. Luar biasa!

Pengirim:

M SUfyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya dapat dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.