Sukses

5 Transportasi Umum Warga Jakarta Tempo Dulu

Transportasi umum di Jakarta tempo dulu yang masih ada hingga kini. Foto: Jakartadulukala/Instagram

Citizen6, Jakarta Jakarta Kota dengan jumlah penduduk yang sangat banyak membuat kota metropolitan ini sangat penuh dan tak tertata. Dengan mobilitas penduduk yang tinggi itu tentunya diperlukan beragam alat transportasi umum sebagai sarana pendukung yang harus terpenuhi. 

Saat ini Jakarta memiliki beberapa alat transportasi publik yang dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan aktifitas di luar ruangan, seperti kereta api, bus Trans Jakarta, metromini, angkutan kota (angkot), ojek, dan ojek motor. Namun, apakah Anda mengetahui transportasi umum lainnya pada zaman dahulu? Berikut beberapa transportasi umum di Jakarta tempo dulu yang ada sampai sekarang.  

Bus tingkat 

Bus tingkat atau double decker ini memang memiliki pengagumnya sendiri. Pasalnya, bus yang cocok dipakai untuk berpariwisata ini memiliki kapasitas penumpang yang sangat banyak. Sayangnya, angkutan yang satu ini terakhir kali beroperasi di jakarta pada 1996 silam karena dihapus oleh pemerintah karena suku cadang yang mahal.

Namun, kini warga Jakarta tak perlu penasaran jika ingin mencoba berada dalam bus tingkat tersebut. Sebab, sejak Februari 2014 lalu, pemerintah Jakarta mengadakan kembali bus tingkat pariwisata atau dikenal dengan City Tour Jakarta untuk masyarakat juga turis asing yang ingin keliling Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Becak

Becak

Alat transportasi yang satu ini memang membutuhkan tenaga manusia yang ekstra untuk mengopersikannya. Sayangnya, sejak 1980-an, alat transportasi hasil modifikasi sepeda ini sudah dihilangkan di Jakarta karena intensitas jalannya yang sangat lambat, sehingga mengganggu kendaraan lainnya dan menimbulkan macet. Namun, saat ini dibeberapa daerah di Indonesia becak masih menjadi alat transportasi umum yang digemari masyarakat.

3 dari 5 halaman

Bemo

Bemo

Pada 1960-1980, bemo menjadi kendaraan umum primadona masyarakat Jakarta. Pasalnya sejak becak dimusnahkan di jalan ibukota, bemo pun menjadi pengganti becak yang dapat menampung lebih banyak penumpang. Bemo pertama kali muncul di Jakarta pada 1962 silam. Namun, hingga saat ini kita masih dapat menjumpainya di beberapa wilayah di Jakarta.

4 dari 5 halaman

Taksi

Taksi

Memang hingga saat ini taksi masih menjadi alat transportasi umum yang banyak dipilih masyarakat Jakarta. Kondisi jalanan Jakarta yang semakin semerawut membuat taksi menjadi salah satu kendaraan umum paling nyaman di Jakarta. Sejak 1940-an taksi sudah berkeliaran di beberapa wilayah di Jakarta. Namun, taksi tempo dulu terlihat lebih keren karena memakai mobil-mobil klasik dengan beragam tipe dan merek yang berbeda.

5 dari 5 halaman

Angkot

Angkutan kota (angkot)

Angkot menjadi salah satu transportasi umum yang paling banyak berkontribusi dalam kemacetan ibukota saat ini. Bukan hanya jumlahnya yang banyak, namun para supir angkot dikenal sangat urakan saat mengendarai mobilnya. Berbeda dengan tempo dulu, angkot pada zaman dahulu memiliki ukuran tang lebih besar sehingga dapat menampung penumpang lebih banyak. Karena ukuran mobil yang terbilang besar, jadi para sopir angkot tak bisa mengendarainya dengan urakan. (ul/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini