Sukses

5 Museum yang Wajib Dikunjungi

Citizen6, Jakarta Saat ini Museum tidak lagi menjadi tempat yang membosankan bagi segelintir orang, bahkan beberapa orang menjadikan museum sebagai tempat wisata yang rutin dikunjungi.

Museum yang identik dengan kunjungan sekolah atau study tour ini ternyata menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Di Museum, kita tidak hanya bisa menambah pengetahuan, Anda juga bisa menyalurkan hobi photo, menjadikan museum untuk ajang berfoto bersama teman-teman maupun keluarga dan  banyak juga pasangan yang menjadikan museum sebagai latar foto pra wedding.

Berikut beberapa museum di Indonesia yang wajib Anda kunjungi:

1. Museum Textil

Jika Anda tertarik untuk mempelajari warisan budaya nasional Indonesia terutama kain tradisional cobalah berkunjung ke Museum Tekstil. Museum Tekstil merupakan lembaga pendidikan kebudayaan yang memiliki misi untuk melestarikan tekstil tradisional, sebagai seni budaya, sebagai institusi nirlaba yang akan melestarikan alam dan budaya, serta menjadi tempat rekreasi yang edukatif kultural. Museum ini berada di Gedung tua, Jalan KS Tubun, Petamburan No 4 Tanah Abang. (Museum Textil)

2. Museum di Tengah Kebun

Museum di tengah kebun adalah sebuah museum yang menyimpan kurang lebih 4000 koleksi seni dan sejarah Indonesia maupun luar negeri, koleksi museum di tengah kebun ini dibagi dalam 17 ruangan yang dinamakan sesuai dengan koleksi yang paling mendominasi atau koleksi yang paling disukai di ruangan tersebut.

Museum di Tengah Kebun memiliki nilai plus di bandingkan dengan museum lainnya yang ada di Jakarta, karena suasana lokasi museum yang penuh pepohonan, sejuk dan jauh dari suara bising kendaraan semakin membuat kita lupa bahwa kita masih di Jakarta. Museum ini berlokasi di daerah Kemang Timur No 66, Jakarta Selatan. (Museum di Tengah Kebun)

3. Museum Layang-layang

Museum yang dibuka setiap hari ini menyimpan cukup banyak koleksi layang-layang dari berbagai daerah, bahkan koleksi dari berbagai negara. Tidak hanya melihat koleksi layang-layang disini menyajikan audiovisual yang isinya sejarah layang-layang serta cara yang benar untuk menerbangkannya. Memiliki konsep yang berbeda dibandingkan dengan museum yang ada di Jakarta, museum layang layang menghadirkan suasana yang konsep tradiosional di Indonesia seperti rumah Joglo. Museum ini bertempat di Jalan H Kamang Pondok Labu, Jakarta Selatan. (Museum Layang-layang)

4. Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga merupakan museum mainan anak pertama di Indonesia. Museum ini persisnya terletak di bawah tangga, gedung Concert Hall lantai dua, Taman Budaya Yogyakarta.
Museum anak kolong tangga memiliki 9000 koleksi yang terdiri dari mainan , buku cerita, poster, gambar, komik dan foto tentang dunia anak terbitan lama dari lima benua yaitu Asia, Amerika, Afrikia, Australia dan Eropa. Berlokasi di Taman Budaya Jalan Sriwedari, Yogyakarta. Museum ini buka setiap hari, Senin-Jumat buka pukul 09.00 - 13.00 WIB, dan setiap weekend buka pukul 09.00 - 16.00. (Museum Anak Kolong Tangga)

5. Museum Batik Kuno Danar Hadi

Jika ingin mengetahui keragaman serta sejarah panjang batik datanglah ke Museum Danar Hadi (ndalem Wuryaningratan) yang berada di Jalan Slamet Riyadi, no. 261 Surakarta. Museum ini banyak memamerkan koleksi batik-batik kuno dari berbagai kurun waktu sebelum dan sewaktu penjajahan Belanda dan Jepang sampai saat kemerdekaan Indonesia. Batik-batik yang dipamerkan bernilai seni tinggi antara lain Batik Kraton, Batik Belanda, Batik Cina, Batik Hokokai, Batik Indonesia, sampai Batik Sudagaran. (Museum Batik Danar Hadi)

Penulis

Yulia Yulee

Baca juga:

Kuliner Bogor yang Wajib Dicoba Saat Akhir Pekan

Tweeple Tolak Artibut Parpol yang Dipasang Sembarangan

`Ondel-ondel`, Kamu Ada di Mana?

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS