Sukses

6 Hoaks yang Beredar Sepekan, Kenali Biar Tak Terkecoh

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap beragam hoaks dengan melakukan penelusuran pada informasi yang viral, agar masyarakat mudah mengenali hoaks.

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks sering kali dikemas dengan cara yang menarik dan meyakinkan, sehingga sulit bagi banyak orang untuk membedakan antara informasi yang benar dan yang palsu.

Untuk memudahkan masyarakat mengenali hoaks yang sedang beredar, Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap beragam hoaks dengan melakukan penelusuran pada informasi yang viral.

Agar tidak menjadi korban hoaks, simak kumpulan hoaks yang beredar sepekan dalam daftar berikut ini.

1. Pendaftaran Pembagian Hadiah dari BSI

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pendaftaran pembagian hadiah dari Bank Syariah Indonesia (BSI), informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 30 Juni 2024.

Unggahan tersebut berupa tulisan sebagai berikut.

"Dapatkan Hadiah di bawah⬇ dengan cara klik tombol DAFTAR.!!!!

Khusus nasabah yang sudah terdaftar di 𝗠-𝗯𝗮𝗻𝗴𝗸𝗶𝗻𝗴 jangan lewatkan kesempatan untuk menang raih hadiahnya berikut:

𝙃𝙖𝙙𝙞𝙖𝙝 𝙐𝙩𝙖𝙢𝙖

• 5 Unit mercedes-benz

• 4 Unit mobil Jeep Wrangler

• 20 Unit Vespa Primavera 150

• 40 Unit IPhone 15 promax

• 36 Emas 10gram

• 28 Paket uang tunai sebesar 15juta

• 31 Tiket wisata ke Jepang

Klik tombol daftar untuk cetak KUPON tukarkan sekarang ke kantor cabang BANK SYARIAH INDONESIA.!!!"

Informasi tersebut memuat tautan yang diklaim sebagai formulir pendaftaran yang meminta sejumlah identitas pribadi sebagai beirkut.

"https://choreodev.sf-nets.cfd/bsi/?fbclid=IwZXh0bgNhZW0CMTEAAR11bfzxxOerc0-Hzqd2h2dUsr-aiJliUDFxgaeiVV3LT5tCt8nXXvE7Rkk_aem_ZS-ufJ8wRL0dC8WudzDaqA"

Benarkah klaim pendaftaran pembagian hadiah dari BSI? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

2. KM Lestari Maju Tenggelam di Selayar 3 Juli 2024

Beredar di media sosial postingan yang menyebut KM Lestari Maju tenggelam di Selayar pada 3 Juli 2024. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 3 Juli 2024.

Dalam postingannya terdapat foto kapal tenggelam disertai narasi:

"Kuasa Allah Innalillahi wa Innailaihi Roji'uun KMP.Lestari Maju Teggelam di Selat Pulau Selayar..semoga selamat semua..Amiiin...Muatan trdiri dari.+-130 orang, Mobil pribadi 14.,mobil Truk 6,Mobil 12 Roda : 8., Motor 8, uang BPD Sbayak 30 Miliyard sudah ada korban Jiwa sebnyak 6 Termasuk Anak-anak untuk sementara..laporan...........Bismillahi Mujereha wamursahaa...."

Lalu benarkah postingan yang menyebut KMP Lestari Maju tenggelam di Selayar pada 3 Juli 2024? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini....

 

3. Video Anak Yatim Korban Perang Gaza Tiba di Indonesia

Cek Fakta Liputan6.com mendapat klaim video anak yatim korban perang Gaza tiba di Indonesia, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 25 Juni 2024.

Unggahan klaim video anak yatim korbang perang Gaza tiba di Indonesia menampilkan sejumlah anak sedang berada di ruangan dan mengantre untuk mengambil makanan, selain itu juga ada sebagian anak yang sedang makan di meja.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Alhamdulillah,lebih kurang 100 org lebih anak yatim korban perang Gaza,,telah tiba di indonesia,,mereka telah diselamatkan , dideportasi ke indonesia ,berkat kerjasama dgn kedutaan indonesia di perbatasan palestina dgn mesir,dan yordania,,alhamdulillah,,masing2 mrk akan punya ayah angkat dan ibu angkat di indonesia,,sesampainya di bandara,mrk langsung di bawa nginap di htotel bintang.4 selama 3 hari,,utk menghibur dan menghilangkan trauma mrk,,alhamdulillah mudah2an mrk bisa jd org sukses di indonesia,,dan berbakti kpd ke org tua angkat mrk,,amin2 ya rabbal alamin 🤲

Semoga Menjadi ladang Amal Jariyah Umat Islam yg menolong anak yatim piatu 🤲"

Benarkah klaim video anak yatim korban perang Gaza tiba di Indonesia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

4. Baim Wong Bagikan Uang Puluhan Juta Rupiah Sesuai Bulan Kelahiran di Facebook

Beredar di media sosial postingan Baim Wong membagikan uang puluhan juta rupiah sesuai bulan kelahiran di Facebook. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 28 Juni 2024.

Dalam postingannya terdapat video Baim Wong di acara televisi dan disertai narasi:

"Hallo bosku om Baim bakalan transfer kalian sesuai bulan kelahiran.

1. Januari: 20 jt

2. Februari: 25 jt

3. Maret: 30 jt

4. April: 35 jt

5. Mei: 40 jt

6. Juni: 45 jt

7. Juli: 50 jt

8. Agustus: 55 jt

9. September: 60 jt

10. Oktober 65 jt

11.November: 70 jt

12. Desember: 80 jt"

Lalu benarkah postingan Baim Wong membagikan uang puluhan juta rupiah sesuai bulan kelahiran di Facebook? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

5. Video Pengobatan Hipertensi dengan Air Garam

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video tentang pengobatan hipertensi dengan air garam, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 28 Juni 2024.

Unggahan klaim video tentang pengobatan hipertensi dengan air garam menampilkan Najwa Shihab sednag berbicara sebagai berikut.

"Juni 2024 di Indonesia akan berakhir epidemi hipertensi dan sekarang semua orang Indonesia akan hidup dengan kehidupan yang penuh, Isman Firdaus bersama dokter-doketer kardiolog terbaik telah menemukan metode air garam yang benar-benar revolusioner yang menemukan hipertensi dalam 24 jam."

Kemudian video tersebut dilanjutkan dengan menayangkan seorang lelaki yang menggunakan jas putih, sedang berbicara.

Berikut transkrip pembicaraanya.

"Nama saya Isman Firdaus setelah 877 eksperimen ilmiah yang gagal dan lebih dari 10 miliar rupiah yang dihabiskan.

Kami menemukan penyebab sebenarnya dari hipertensi yang tidak ada hubungannya dengan gaya hidup pola makan apalagi usia anda.

Sebenarnya hipertensi disebabkan oleh satu molekul beracun yang saat ini berada di tubuh anda dan membuat dinding pembuluh darah kaku, memperburuk aliran darah dan tidak ada obat-obatan medis yang mahal atau operasi yang dapat secara efektif mempengaruhinya. Ada solusinya kami mempersembahkan kepada anda metode air garam rumah yang benar-benar revolusioner yang menetralisir hipertensi dengan kemungkinan 100% tonton presentasi video singkat saya sekarang karena ini hanya akan tersedia untuk tiga orang dan kemudian akan dihapus bertindaklah sekarang Klik tombol di bawah ini dan mulailah menonton."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"🚨Jika Anda menghadapi penyakit kardiovaskular, gunakan metode unik ini agar besok Anda dapat sepenuhnya sembuh dengan kepastian 100%.🚨

Nama saya Isman Firdaus, setelah 877 percobaan ilmiah yang gagal dan lebih dari 10 miliar rupiah yang dihabiskan, kami menemukan penyebab sebenarnya hipertensi, yang tidak ada hubungannya dengan gaya hidup Anda, genetika, atau usia. Sebenarnya, hipertensi disebabkan oleh satu molekul beracun yang saat ini ada di tubuh Anda dan membuat dinding pembuluh darah menjadi kaku, sehingga menghambat aliran darah. Dan tidak ada obat-obatan medis yang mahal dan operasi yang bisa mempengaruhinya dengan baik.

Ada solusinya! Kami memperkenalkan metode rumahan yang benar-benar revolusioner, yang menetralisir hipertensi dengan kepastian 100%.

Tonton presentasi video singkat saya sekarang juga, karena hanya tersedia untuk 3 orang, dan akan dihapus setelah itu, bertindaklah sekarang juga!

Klik tombol di bawah ini dan mulailah menonton!"

Benarkah klaim video tentang pengobatan hipertensi dengan air garam? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

6. Foto Vladimir Putin dan Kim Jong-un Angkat Gelas Bir di Klub Malam

<p>Gambar tangkapan layar foto yang diklaim Presiden Rusia Vladimir Putin dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sedang mengangkat gelas berisi bir di klub malam. (sumber: Facebook)</p>

Sebuah foto yang diklaim Presiden Rusia Vladimir Putin dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sedang mengangkat gelas berisi bir di klub malam beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 28 Juni 2024.

Dalam foto tersebut, Putin dan Kim Jong-un tampak berpose mengangkat gelas berisi bir di sebuah klub malam. Sejumlah wanita dan pria terlihat berfoto bersama Putin dan Kim Jong Un.

"New BFF’s❤️," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 149 kali dibagikan dan mendapat 119 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Presiden Rusia Vladimir Putin dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sedang mengangkat gelas berisi bir di klub malam? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini