Sukses

Deretan Hoaks Catut Nama Prabowo Subianto Terbaru, dari Isu Politik hingga Promosi Produk

Hoaks seputar Presiden terpilih Prabowo Subianto terus beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks seputar Presiden terpilih Prabowo Subianto terus beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Prabowo Subianto terbaru? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Presiden Jokowi dan Prabowo Bawa Plakat 'Juara 1 Nipu Rakyat'

Beredar di media sosial postingan foto Presiden Jokowi dan Prabowo membawa piala dan plakat "Juara 1 Nipu Rakyat". Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 31 Maret 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi dan Prabowo membawa Piala dan plakat dengan tulisan "Juara 1 Nipu Rakyat". Postingan itu juga disertai narasi:

"PENYELENGARA PEMILU DIPEMERINTAHANNYA NGAKALIN SIREKAP. BIAR RAKYAT INDONESIA DUNGO NGIKUTIN KEMAUANNYA."

Lalu benarkah postingan foto Presiden Jokowi dan Prabowo membawa piala dan plakat "Juara 1 Nipu Rakyat"? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Prabowo Subianto Berikan Bantuan pada Orang yang Kesulitan dengan Syarat Daftar Lewat WhatsApp

Beredar di media sosial postingan presiden terpilih Prabowo Subianto memberikan bantuan pada orang yang kesulitan dengan syarat mendaftar lewat Whatsapp. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 5 Mei 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Prabowo Subianto dengan narasi sebagai berikut:

"yang lagih kesulitan sinih babak bantu harus jujur mau buwat apa. Pilih salah satu sesuai kebutuhan kalian ya

1. biyaya sekolah

2. bikin rumah

3. bayar hutang

4. modal usaha

info selengkapnya silakan hubungan Whatsapp 08218153xxx"

Hingga saat ini postingan tersebut telah dilihat lebih dari 3,1 juta kali, mendapat 161 komentar dan 19,5 ribu likes.

Lalu benarkah postingan presiden terpilih Prabowo Subianto memberikan bantuan pada orang yang kesulitan dengan syarat mendaftar lewat Whatsapp? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Prabowo Subianto Promosikan Diskon Sprei Kasur Usai Menang Pilpres 1 Putaran

Beredar di media sosial postingan video Prabowo Subianto mempromosikan diskon sprei kasur usai kemenangan 1 putaran dalam Pilpres 2024. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 24 Mei 2024.

Dalam postingannya terdapat Prabowo Subianto sedang berpidato dengan Gibran Rakabuming Raka dengan narasi sebagai berikut:

"Atas kemenangan satu putaran ini saya akan sedekah ribuan seprai Kasur. Bahannya premium tebal halus dan sudah gratis sarung bantal. Yang mau komen "aku mau seprai""

Video itu juga disertai narasi "Diskon sprei kasur jangan sampai kehabisan guys. Cuma 99.000"

Lalu benarkah postingan video Prabowo Subianto mempromosikan diskon sprei kasur usai kemenangan 1 putaran dalam Pilpres 2024? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun , tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautanĀ berikutĀ ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini