Sukses

Dokter Terawan Dicatut Hoaks Cara Hilangkan Beragam Penyakit, Simak Daftarnya

Kumpulan hoaks yang mencatut Dokter Terawan bagikan cara hilangkan sejumlah penyakit

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks yang mencatut Dokter Terawan Agus Putranto membagikan cara menghilangkan sejumlah penyakit beredar di media sosial, keberadaan informasi bohong ini tentu dapat menyesatkan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah hoaks yang mencatut Dokter Terawan bagikan cara hilangkan sejumlah penyakit, mulai dari hipertensi hingga sakit mata.

Berikut kumpulan hoaks yang mencatut Dokter Terawan bagikan cara hilangkan sejumlah penyakit.

Dokter Terawan Ungkap Rahasia Singkirkan Hipertensi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Dokter Terawan Agus Putranto mengungkap rahasia menyingkirkan hipertensi, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Januari 2024.

Klaim video Dokter Terawan Agus Putranto mengungkap rahasia menyingkirkan hipertensi menampilkan seorang berbicara menggunakan mic dengan logo KompasTv.

Berikut transkripnya:

"Berita terbaru dokter terkenal di Indonesia Terawan Agus Putranto telah mengungkapkan rahasia bagaimana menyingkirkan hipertensi untuk selamanya, dia mengklaim aktor terkenal yang meninggal karena hipertensi dapat diselamatkan jika obat ini tersedia lebih awal.

Lebih lanjut mengenai akan diungkap oleh Terawan Agus Putranto sendiri."

Video dilanjutkan dengan menampilkan Dokter Terawan mengenakan jas dan dasi berbicara.

Berikut transkripnya:

"Salam saya ingin berbagi dengan anda sebuah obat inovatif yang akan menyingkirkan hipertensi dan membuat tekanan darah anda menjadi normal, produk ini dibuat eksklusif dari bahan-bahan alami.

Saya secara pribadi berpartisipasi dalam pembuatan produk ini dan secara pribadi dapat menjamin keefektifannya, ratusan pasien saya telah menggunakan produk ini dan sekarang saya menerima surat ucapan terimakasih setiap hari.

Saat ini anda memiliki kesempatan mendapatkan diskon 50 persen, jangan lewatkan kesempatan untuk menyingkirkan hipertensi untuk selamanya."

Dalam video terdapat tulisan sebagai berikut:

"MASALAH HIPERTENSI

ORANG INDONESIA SEKARAT AKIBAT PENYUMBATAN ARTERI"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Metode yang sederhana dan efektif. Produk ini ada di setiap rumah!"

Benarkah klaim video Dokter Terawan ungkap rahasia singkirkan hipertensi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dokter Terawan Bagikan Cara Turunkan Tekanan Darah

Beredar di media sosial postingan poster dr. Terawan membagikan cara menurunkan tekanan darah. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun bernama Terawan Agus Putranto ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 21 Agustus 2023.

Dalam postingannya terdapat poster dr. Terawan dengan narasi sebagai berikut:

"Seluruh negara terkejut. Dr Therawan berbicara tentang cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah. Untuk memiliki tekanan 120/80 setiap pagi Anda perlu..."

Akun itu menambahkan narasi, "Tidak ada lagi tekanan darah: temukan kekuatan obat alami untuk hipertensi"

Hingga saat ini postingan tersebut telah mendapat 522 komentar dan 411 kali dibagikan.

Lalu benarkah postingan poster dr. Terawan membagikan cara menurunkan tekanan darah? Simak hasil penelusurannya di sini...

 

3 dari 4 halaman

Metode Baru Penyembuhan 9 Penyakit Mata oleh Dokter Terawan

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim metode baru penyembuhan 9 penyakit mata oleh Dokter Terawan, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 26 Agustus 2023.

Klaim metode baru penyembuhan 9 penyakit mata oleh Dokter Terawan diunggah oleh akun Facebook Dr. Terawan Agus dan menggunakan foto profil dr Terawan.

Dalam unggahan tersebut terdapat tangkapan layaran siaran berita METRO SIANG dan terdapat tulisan sebagai berikut.

"Jutaaan orang telah sembuh dari penyakit mata dengan cara ini

Tanpa operasi, dilakukan di rumah, dalam 7 hari"

Tangkapalan layar tersebut juga terdapat rangkaian foto dokter terawan dan seorang yang matanya diperban, pada rangkaian lain terdapat empat orang mengenakan kaca mata.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"👁️ Ucapkan selamat tinggal sekali dan untuk selamanya pada 9 dari 10 penyakit mata dengan metode baru dari dokter Terawan.

✅ Tanpa operasi, dilakukan di rumah, dalam 7 hari.

✅ Tidak ada kekambuhan.

✅ Tanpa efek samping.

👇Klik gambar di bawah untuk detailnya👇"

Benarkah klaim metode baru penyembuhan 9 penyakit mata oleh Dokter Terawan? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.