Sukses

Hoaks Pembagian Uang dari Tokoh Terkenal, Simak Daftarnya

Berikut kumpulan hoaks seputar pembagian uang dari tokoh terkenal

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks pembagian uang mencatut sejumlah tokoh terkenal, mulai dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi hingga filantropi Jusuf Hamka. Kondisi ini harus diwaspadai sebab dapat mengecoh pihak yang menerima informasi palsu tersebut.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapati sejumlah hoaks seputar pembagian uang, setelah melakukan penelusuran pada informasi viral seputar pembagian uang oleh sejumlah tokoh terkenal.

Berikut kumpulan hoaks pembagian uang dari tokoh terkenal.

Presiden Jokowi Bagikan Puluhan Juta Rupiah dengan Daftar Melalui Whatsapp

Beredar kembali postingan di media sosial Presiden Jokowi membagikan uang hingga puluhan juta rupiah tanpa diundi dengan cara mendaftar melalui Whatsapp. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 28 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat narasi sebagai berikut:

"Khusus untuk rakyatku yang benar-benar membutuhkan. Kalian mau apa dari bapak?

13jt Biaya Sekolah

15jt Bayar Hutang

18jt Modal Usaha

20jt Renovasi Rumah

Pilih sesuai kebutuhan bapak transfer sekarang tanpa diundi"

Akun itu menambahkan narasi:

"Caranya Kelik link dibawah ini 👇🏻https://wa.me/+6282373756589"

Hingga saat ini postingan tersebut telah dilihat lebih dari 682 ribu kali mendapat 10,5 ribu likes dan 13,8 ribu komentar.

Lalu benarkah postingan di media sosial Presiden Jokowi membagikan uang hingga puluhan juta rupiah tanpa diundi dengan cara mendaftar melalui Whatsapp? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Baim Wong Bagikan Giveaway hingga Rp 20 Juta

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Baim Wong sedang melakukan giveaway pada pemilik rekening sejumlah bank dengan nominal hingga Rp 20 juta. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun bernama BaimWong1717 ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 24 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat video Baim Wong dengan narasi sebagai berikut:

"Khusus yang Mempunyai Buku Rekening Dibawah Saya Akan Kasih Hadiah"

BJB: 10 JT

BSI: 3 JT

BNI: 5 JT

BCA: 20 JT

BRI: 15 JT

Mandiri: 7 JT"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Baim Wong sedang melakukan giveaway pada pemilik rekening sejumlah bank dengan nominal hingga Rp 20 juta? Simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 4 halaman

Jusuf Hamka Bagikan Uang Puluhan Juta Hanya dengan Ikuti Akun Facebooknya

Beredar di media sosial postingan Jusuf Hamka membagikan uang hingga puluhan juta hanya dengan mengikuti akun Facebooknya. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu bernama Jusuf Hamka Real dan mempostingnya pada 15 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi sebagai berikut:

"Buat yang butuh baba transfer sekarang

renovasi rumah: 50 jt,

biyaya sekolah: 20 jt,

modalusaha: 35 jt,

lunasin uttang: 15 jt.

Caranya cukup follow saja."

Hingga saat ini postingan tersebut telah ditonton lebih dari 66 ribu kali dan mendapat 2.600 likes dan komentar. Lalu benarkah postingan Jusuf Hamka membagikan uang hingga puluhan juta hanya dengan mengikuti akun Facebooknya? Simak hasil penelusurannya di sini...

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini