Sukses

Informasi Pembagian Uang Puluhan Juta Rupiah Berikut Hanya Hoaks, Simak Biar Tak Tertipu

Berikut kumpulan hoaks terkini seputar pembagian uang.

Liputan6.com, Jakarta - Pembagian uang menjadi salah satu informasi yang kerap beredar di media sosial dan aplikasi percakapan, namun sebagian besar kabar tersebut terbukti hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapati sejumlah hoaks pembagian uang dengan nilai yang fantastis hingga puluhan juta Rupiah. Keberadaan informasi tersebut tentu mengguirkan untuk diikuti namun ternyata hanya menjadi modus penipuan.

Agar tidak menjadi korban penipuan lewat hoaks pembagian uang, maka kita pelu mengenali informasi yang tidak benar tersebut.

Berikut kumpulan hoaks terkini seputar pembagian uang.

Jusuf Hamka Bagikan Rp 50 Juta di Facebook

Beredar kembali postingan yang mengklaim pengusaha Jusuf Hamka membagikan uang tunai Rp 50 juta bagi warga yang membutuhkan. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun bernama Jusuf Hamka mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 3 Juni 2023.

Postingan itu dilengkapi video Jusuf Hamka dengan disertai narasi "Tanpa berbelit-belit cukup jujur. Khusus yg membutuhkan saya kasih 50jt kess. Wajib jujur."

Hingga saat ini postingan tersebut telah ditonton 2,8 juta orang dan mendapat lebih dari 11 ribu likes dan lebih dari 2.200 komentar.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Jusuf Hamka membagikan uang tunai Rp 50 juta bagi warga yang membutuhkan di Facebook? Simak hasil penelusurannya di sini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembagian Uang ke Akun TikTok Sebesar Rp 35 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pembagian uang ke akun TikTok sebesar Rp 35 juta, informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan whatsApp.

Informasi klaim pembagian uang ke akun TikTok sebesar Rp 35 juta berupa pernyataan yang mengabarkan akun TikTok pihak yang mendapat pesan tersebut terpilih sebagai pemenang uang tunai sebesar Rp 35 juta.

Kemudian untuk mendapatkan hadiah pemenang tersebut diarahkan mengisi identitas seperti nama, umur, kota nomor rekening dan nama bank.

Berikut klaim pembagian uang ke akun TikTok sebesar Rp 35 juta tersebut.

 

 

<p>Penelusuran klaim pembagian uang ke akun TikTiok sebesar Rp 35 juta,</p>

 

Benarkah klaim pembagian uang ke akun TikTok sebesar Rp 35 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

3 dari 4 halaman

Pembagian Dana Bantuan Rp 25 Juta dari BPJS

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pembagian dana bantuan Rp 25 juta dari BPJS, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 5 April 2023.

Unggahan klaim pembagian dana bantuan Rp 25 juta dari BPJS berupa tulisan sebagai berikut.

"Terima kasih telah menghubungi BPJS INDONESIA..??

Selamat Anda Terpilih.!!!

Selaku Penerima Dana Bantuan BPJS(PIN Locked Anda *25SD47* )Terdaftar Di Kantor BPJS Indonesia Jakarta Pusat. Menerima Dana Bantuan 25jt Urutan Ke - 7

Sebelum Dana Bantuan Di Cairkan Mohon Di Lengkapi Berkas Anda Sesuai Prosedur di kantor BPJS Pusat.

*SYARAT & KETENTUAN WAJIB DI ISI DENGAN LENGKAP SESUAI DATA IDENTITAS ANDA??*

*➀* _Nama Lengkap :_

*➁* _No Induk KTP :_

*➂* _Tempat/Tgl Lahir :_

*➃* _Jenis Kelamin :_

*➄* _Alamat Lengkap :_

*⇒* _Kel/Desa :_

*⇒* _Kecamatan :_

*⇒* _Kabupaten :_

*⇒* _Provinsi :_

*⇒* _Pekerjaan :_

*II. DATA REKENING TABUNGAN*

*➅* _Nama Bank :_

*➆* _Nomor Rekening :_

*➇*_ Nama Pemilik Rekening :

*➈*_Cabang Bank :_

*III. SYARAT KIRIM FOTO*

*⇒* _Foto KTP :_

*⇒* _Foto Selfie Pegang KTP :_

*⇒* _Foto KK/ Kartu Keluarga :_

*=>*_Foto Buku tabungan

~~~~~~~~~~~~~

Harap di isi sesuai alamat domisili tempat tinggal andadi karenakan data-data anda akan di infut di data basecamp komputer menerima dana bantuan bpjs di tahun 2023.

❊ *SALURAN BANTUAN DANA BPJS* ❊

Bertanggung jawab dan melayani dengan setulus hati serta memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan."

Benarkah klaim pembagian dana bantuan Rp 25 juta dari BPJS? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini