Sukses

Hoaks Seputar Kebakaran Kilang Pertamina Dumai Bertambah, Berikut Daftarnya

Simak kumpulan hoaks seputar kilang Pertamina Dumai kebakaran.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks seputar kilang Pertamian Dumai kebakaran bertambah, kondisi ini dapat menimbulkan keresahan bahkan hal yang merugikan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar kilang Pertamina Dumai kebakaran, hasilnya sebagian terbukti tidak benar.

Simak kumpulan hoaks seputar kilang Pertamina Dumai kebakaran.

Foto Kilang Pertamina Dumai Meledak

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto kilang Pertamina Dumai meledak, informasi tersebut diunggah salah satunya diunggah salah satu akun Facebook, pada 2 April 2023.

Klaim foto kilang Pertamina Dumai meledak menampilkan kobaran api dan kepulan asap ke udara, di dekat api tersebut terlihat sejumlah benda berbentuk tabung di antara bintik cahaya.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Kilang pertamina dumai meledak"

Benarkah klaim foto kilang Pertamina Dumai meledak? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Kilang Pertamina Dumai Kebakaran 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video kilang Pertamina Dumai kebakaran, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 2 April 2023.

Klaim video kilang Pertamina Dumai kebakaran yang diunggah menampilkan kobaran api dan asap hitam dengan pencahayaan yang minim, video tersebut diambil dari ketinggian.

Dalam video tersebut terdengar suara perempuan dan lelaki.

Berikut transkrip suara dalam video tersebut.

"Apii... ayo..," suara teriak seorang perempuan dalam video tersebut.

"innalillahiwainnailaihirajiun" suara serorang lelaki dalam video tersebut, kemudian terdengar suara ledakan dan api yang membesar.

Kemudian terdapat narasi "apinya gede banget ini di Pertamina".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Kilang pertamina dumai terbakar.... Siapa lagi yg mau di salahkan..."

Benarkah klaim video kilang Pertamina Dumai kebakaran? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini...

3 dari 4 halaman

Foto Bukan Kebakaran Kilang Pertamina Dumai

Penelusuran klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 2 April 2023.

Unggahan klaim foto kilang Pertamina Dumai kebakaran tersebut menampilkan kobaran api di sertai kepulan asap di antara pepohonan dan tiang listrik dan siluet seorang yang sedang mengangkat satu tangannya. Foto tersebut diambil dalam kondisi perncahayaan yang minim.

Selain foto, akun Facebook tersebut juga mengunggah tiga video.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Sahabat Bang AS( Ashari )Turut berduka cita atas peristiwa di kilang pertamina RU II kota dumai, , smg menjadi pelajaran bagi RU & bagi pekerja di manapun berada untuk Tetap Safety, turut berduka cita kpd korban, kpd masyarakat yang dampak secara materi, dan yang terdampak Trauma, smg jadi peristiwa yg terakhir, berkah selalu kota bertuah.. 😇"

Benarkah klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.