Sukses

Awas Tertipu, Kabar Pembagian Subsidi dari Pertamina sampai PT KAI Ini Hoaks Lho

Sebagian informasi pembagian subsidi dari perusahaan BUMN terbukti hoaks.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan BUMN kerap dicatut untuk bahan hoaks yang menjadi modus penipuan, salah satu informasi palsu yang memanfaatkan korporasi plat merah tersebut adalah pembagian subsidi. Hoaks seputar pembagian subsidi dari BUMN tersebut harus diwaspadai sebab menjadi modus untuk melakukan penipuan, seperti pencurian data.

Agar tidak dirugikan oleh hoaks tersebut sebaiknya kita tidak mudah percaya terhadap informasi yang didapat sebelum memastikan kebenarannya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar pembagian subsidi dari perusahaan BUMN mulai Pertamina hingga PT KAI, hal ini untuk memudahkan masyarakat mengenali informasi benar dan hoaks.

Hasilnya sebagian informasi pembagian subsidi dari perusahaan BUMN terbukti hoaks, simak kumpulannya.

Pos Indonesia Bagikan Subsidi Pemerintah Rp 5 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim PT Pos Indonesia bagikan subsidi pemerintah Rp 5 juta. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim PT Pos Indonesia bagikan subsidi dari pemerintah sebesar Rp 5 juta berupa tautan sebagai berikut.

"retiredsocket.top/Posinxws/tb.php?es=ak1675295481986"

Jika tautan klaim PT Pos Indonesia membagikan subsidi dari pemerintah sebesar Rp 5 juta tersebut diklik, maka masuk pada halaman situs yang berisi narasi sebagai berikut.

"🎉Pos Indonesia National government subsidies🎊

2 February, 2023

Congratulations!

Pos Indonesia National government subsidies

Through the questionnaire, you will have a chance to get 5000000 Rupiah ."

Benarkah klaim PT Pos Indonesia membagikan subsidi dari pemerintah sebesar Rp 5 juta? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertamina Bagikan Subsidi BBM Rp 5 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim PT Pertamina (Persero) membagikan subsidi bahan bakar minyak atau BBM sebesar Rp 5 juta. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim Pertamina membagikan subsidi BBM sebesar Rp 5 juta berupa tautan sebagai berikut.

"fancarving.top/pertaminabxv2/tb.php?gr=jy1674976127081"

Jika tautan klaim Pertamina membagikan subsidi BBM sebesar Rp 5 juta tersebut diklik maka masuk pada halaman situs yang berisi narasi sebagai berikut.

"🎉Pertamina National Fuel Subsidy🎊29 January, 2023

Congratulations!

Pertamina National Fuel Subsidy

Through the questionnaire, you will have a chance to get 5000000 Rupiah ."

Benarkah klaim Pertamina membagikan subsidi BBM sebesar Rp 5 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini..

3 dari 4 halaman

PT KAI Bagikan Subsidi Pemerintah Rp 5 Juta untuk Rayakan Ulang Tahun ke-77

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PT KAI bagikan subsidi pemerintah Rp 5 juta untuk rayakan ulang tahun ke-77. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi PT KAI bagikan subsidi pemerintah Rp 5 juta dalam untuk rayakan ulang tahun ke-77 berupa tautan sebagai berikut.

"http://analysedebut.top/KAIWX/tb.php?ko=gm1673993747905"

Jika diklik maka tautan tersebut mengarah pada halaman situs yang berisi pada kalimat berikut.

"🎉KAI 77th Anniversary Government Subsidy!🎊

18 January, 2023

Congratulations!

KAI 77th Anniversary Government Subsidy!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 5000000 Rupiah."

Benarkah informasi PT KAI bagikan subsidi pemerintah Rp 5 juta dalam untuk rayakan ulang tahun ke-77? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.