Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar PT KAI Bagikan Subsidi Pemerintah Rp 5 Juta untuk Rayakan Ulang Tahun ke-77

Penelusuran informasi PT KAI bagikan subsidi pemerintah Rp 5 juta untuk rayakan ulang tahun ke-77

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PT KAI bagikan subsidi pemerintah Rp 5 juta untuk rayakan ulang tahun ke-77. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi PT KAI bagikan subsidi pemerintah Rp 5 juta dalam untuk rayakan ulang tahun ke-77 berupa tautan sebagai berikut.

"http://analysedebut.top/KAIWX/tb.php?ko=gm1673993747905"

Jika diklik maka tautan tersebut mengarah pada halaman situs yang berisi pada kalimat berikut.

"🎉KAI 77th Anniversary Government Subsidy!🎊

18 January, 2023

Congratulations!

KAI 77th Anniversary Government Subsidy!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 5000000 Rupiah."

Benarkah informasi PT KAI bagikan subsidi pemerintah Rp 5 juta dalam untuk rayakan ulang tahun ke-77? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi PT KAI bagikan subsidi pemerintah Rp 5 juta untuk rayakan ulang tahun ke-77, dalam artikel berjudul "KAI Ingatkan Masyarakat Waspadai Penipuan Bermodus Informasi Promo" yang dimuat Liputan6.com, pada 3 Januari 2022.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengimbau masyarakat agar tidak meng klik tautan informasi promo pembagian hadiah atau uang yang mengatasnamakan PT KAI dan jangan mengikuti langkah yang disampaikan, bahkan hingga memberikan data ke website tersebut. Kemudian juga jangan menyebarluaskan link atau tautan mencurigakan tersebut.

Dikhawatirkan dalam link tersebut terdapat malware/virus/scam dalam arti tindakan terencana yang bertujuan mencuri uang dengan cara mengakali, membohongi, menipu pihak lain, serta mengambil data pribadi melalui virus.

“Diharapkan berhati-hati serta waspada terhadap info dan promosi yang mengatasnamakan KAI. Informasi resmi terkait promo dapat dipantau melalui website kai.id atau media sosial KAI121,” tutur Joni Martinus.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi PT KAI bagikan subsidi pemerintah Rp 5 juta untuk rayakan ulang tahun ke-77 tidak benar.

Dikhawatirkan dalam link tersebut terdapat malware/virus/scam dalam arti tindakan terencana yang bertujuan mencuri uang dengan cara mengakali, membohongi, menipu pihak lain, serta mengambil data pribadi melalui virus.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.