Sukses

Pemkot Batam Tingkatkan Kompetensi Guru Lewat Pelatihan Literasi Digital

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau terus berupaya meningkatkan kompetensi guru-guru di wilayahnya dengan menjalankan berbagai program pendidikan dan pelatihan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan mengatakan, salah satu yang dilakukan yaitu dengan menggelar pelatihan literasi digital. Diharapkan dengan literasi digital, para guru bisa memanfaatkan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran.

"Kemarin kita sudah melaksanakan diklat di Institut Teknologi Batam (ITEBA). Ini dalam rangka memberikan pengetahuan guru-guru kita terkait hal digitalisasi," kata Hendri dilansir dari Antara, Sabtu (26/11/2022).

Ia mengatakan bahwa para guru juga bisa menjadikan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai ajang untuk saling bertukar informasi dan pengalaman mengenai pembelajaran.

"Guru ada MGMP di semua bidang pelajaran. Jadi di situlah mereka bertukar info terkait bagaimana mereka meningkatkan kemampuan mereka dalam pengetahuan mereka sebagai guru," katanya.

Sementara akademisi dari Universitas Pancasila, Dian Nurdiansyah sebelumnya menyampaikan pentingnya penguatan literasi digital pada guru maupun peserta didik pada masa sekarang.

Menurut Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila itu, para guru membutuhkan pengetahuan dan keterampilan digital untuk menerapkan sistem pembelajaran elektronik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS