Sukses

Cek Fakta: Hoaks Judul Artikel Cacar Monyet Menular dari Jarak 8 Km

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan judul berita yang mengklaim cacar monyet bisa hidup selama 120 tahun dan bisa menular pada seseorang dalam jarak 8 Km. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 30 Juli 2022.

Dalam postingannya terdapat potongan artikel berjudul "Monkeypox can live on door handles and toilet seats for 120 years and can infect anyone from 5 miles away" atau dalam Bahasa Indonesia "Cacar Monyet bisa hidup selama 120 tahun dan bisa menular pada seseorang dalam jarak 5 mil (8 Km)".

Postingan itu diklaim dari website bernama thejournal.ie.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Cacar Monyet bisa hidup selama 120 tahun dan bisa menular pada seseorang dalam jarak 8 Km?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengetik kata kunci sesuai dengan yang ada dalam postingan di mesin pencarian Google. Hasilnya tidak ada artikel seperti yang dimaksud dalam postingan.

Cek Fakta Liputan6.com justru menemukan artikel berjudul "Fake headline about monkeypox spreads online" yang tayang di APNews pada 3 Agustus 2022.

Dalam artikel itu ditemukan bantahan dari website thejournal.ie.

"Kami tidak pernah mempublikasikan artikel dengan judul atau informasi seperti itu," ujar Asisten Editor Berita thejournal.ie, Stephen McDermott dilansir APNews.

Thejournal.ie hanya mempublikasi artikel berjudul "Monkeypox declared global health emergency by World Health Organization". Artikel ini diunggah dengan tanggal, foto, dan caption yang sama dengan postingan yang beredar.

Artinya judul artikel dari Thejournal.ie telah disunting oleh para pembuat hoaks.

Terkait cacar monyet sendiri menurut WHO masa inkubasinya berkisar antara 6 hingga 13 hari atau 5 hingga 21 hari.

Penularan dari hewan ke manusia melalui cairan tubuh terutama bagian tubuh yang ada cacar seperti di sekitar muka atau tubuh hewan. Selain itu juga penularan ke manusia bisa melalui daging hewan tersebut yang tidak dimasak secara matang.

Sedangkan penularan dari manusia ke manusia bisa melalui udara, cairan tubuh atau cacar yang ada di muka, mulut, tangan maupun di badan. Penyakit ini juga dapat menyebar melalui droplet pernapasan Ketika melakukan kontak dengan penderita secara berkepanjangan.

Tidak ada bukti cacar monyet bisa bertahan selama 120 tahun dan menular dari jarak 8 km.

Untuk update berita terkait cacar monyet bisa klik link berikut ini...

Sumber:

https://apnews.com/article/Fact-Check-Monkeypox-Headline- Fake-247789057751

https://www.thequint.com/news/webqoof/no-monkeypox-virus- cant-live-on-surfaces-for-120-years-fake-check? fbclid=IwAR3LMJ5RRqfB-68vWgn- 2hYBEZhY7b5fzPk0MIHBY-jIUQAGqOSKsOy4kZU#read-more

https://www.thejournal.ie/monkeypox-who-emergency-5824302- Jul2022/

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/monkeypox

http://www.b2p2vrp.litbang.kemkes.go.id/mobile/berita/baca/419/P enyakit-Cacar-Monyet-Monkeypox-dan-yang-Perlu-Kita-Tahu- Tentangnya

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis- media/20220624/2140313/ini-karakteristik-monkeypox-atau- cacar-monyet-bisa-sembuh-sendiri/

https://hot.liputan6.com/read/4997204/penyebab-cacar-monyet- gejala-pencegahan-dan-bahayanya-untuk-kesehatan? _gl=1*fmqd5*_ga*MjI1NDM5MDMuMTU0MzY3MTk2Ng..*_ga _32EZW1NHGX*MTY1OTY3MDkyOC4yODk5LjEuMTY1OTY 3MTEyNy41OA..

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan judul artikel yang mengklaim cacar monyet bisa hidup selama 120 tahun dan bisa menular pada seseorang dalam jarak 8 Km adalah tidak benar. Faktanya judul artikel tersebut telah diedit.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.