Sukses

Literasi Digital Kunci untuk Manfaatkan Kesempatan di Era Pergeseran Teknologi

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Semuel Abrijani Pangerapan, menjelaskan, literasi digital jadi salah satu faktor kunci yang perlu dikuasai masyarakat agar bisa memanfaatkan kesempatan atau peluang baru di tengah pergeseran teknologi.

Apalagi, menurut Samuel, ruang digital sudah menjadi bagian dari realitas kehidupan manusia."Situasi pandemi COVID-19 memang telah mendorong masyarakat untuk terus mempercepat adopsi teknologi digital yang mengakibatkan adanya peningkatan kegiatan masyarakat yang cukup besar di ruang digital,” ujar Semuel dalam sesi webinar, Kamis (30//06/2022), dikutip dari Antara.

Data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJI) menyebutkan, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 210 juta orang. Angka ini setara dengan 77% dari total penduduk Indonesia, terjadi peningkatan sebesar 4% dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun, pengaksesan internet tidak dapat begitu saja mendorong berkembangnya transformasi digital Indonesia."Dapat menggunakan gawai atau mengakses internet saja tidak cukup untuk membawa Indonesiamelakukan transformasi digital" ujar Semuel.

Ia juga merujuk pada laporan World Bank tahun 2018 yang menyebutkan bahwa Indonesia membutuhkan 90 juta talenta digital baru hingga tahun 2030. Angka ini setara dengan 600 ribu talenta per tahunnya untuk dapat mendukung proses transformasi digital nasional.

Mengingat kebutuhan tersebut, Kominfo telah melakukan upaya peningkatan literasi digital melalui programliterasi tingkat dasar Gerakan Nasional Literasi Digital yang menyasar empat pilar utama antara lain budaya digital, keamanan digital, etika digital, dan kecakapan digital.

"Besar harapan kami program literasi ini dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat Indonesia," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga turut menyampaikan apresiasi atas kerja sama dandukungan semua pihak, termasuk swasta, yang telah berkolaborasi dengan Kominfo dalam mencetak talenta digital secara masif.

Penulis: Viona Pricilla/Universitas Multimedia Nusantara

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2970573/literasi-digital-jadi-kunci-untuk-manfaatkan-peluang-teknologi

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.