Sukses

Teknologi Digital Mudahkan Akses Pembiayaan UMKM

Liputan6.com, Jakarta- Teknologi digital mampu membantu memudahkan akses pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Hal itu diungkap Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, dalam acara Saprahan Khatulistiwa 2022 yang dilakukan secara virtual, Senin (4/7).

Teten juga mengatakan, melalui credit scoring  dan manajemen risikonya, dana pinjaman yang disalurkan melalui teknologi keuangan atau Fintech saat ini sudah mencapai Rp. 362 Trilliun kepada lebih dari 13,5 Juta penerima.

Teten juga menegaskan adopsi teknologi dan juga inovasi digital sudah terbukti mampu menguatkan UMKM untuk bertahan dan tetap berjalan selama pandemi yang terjadi dari 2020 lalu.

Pihaknya sudah menargetkan sejuta UMKM siap on-boarding kedalam E-Katalog tahun 2022, hal ini adalah bentuk dukungan untuk kebijakan afirmasi alokasi sebanyak 40 persen barang belanja pemerintah untuk produk yang dijual oleh UMKM.

Sampai saat ini, sudah tercatat 19 juta UMKM yang masuk kedalam ekosistem digital sehingga masih kurang dari 11 jua untuk mencapai target yang ditentukan yaitu 30 juta UMKM yang harus on-boarding pada tahun 2024 mendatang.

“Ekonomi digital Indonesia pada 2020 - 2030 nanti akan diperkirakan mencapai hingga Rp 5,4 Trilliun dan akan menjadi terbesar di Kawasan Asia Tenggara,” ujar Teten, dilansir dari Antara.

Dia menambahkan, “Jadi saya minta kepada kemitraan dan sinergi lintas pemangku kepentingan harus memperkuat mulai dari hulu, seperti penyiapan kapasitas UMKM dan kualias produk melalui pendampingan dan perizinan, hingga hilir, yaitu perluasan pasar UMKM.”

Hinggis Leonanda/Universitas Multimedia Nusantara

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2976317/teten-teknologi-digital-terbukti-permudah-akses-pembiayaan-umkm

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.