Sukses

6 Hoaks Sepekan, dari Efek Vaksin sampai Pembalap MotoGP Marc Marquez

Berikut 6 hoaks yang beredar dalam sepekan

Liputan6.com, Jakarta- Media sosial semakin dibanjiri informasi, namun sebaiknya kita memastikan kebenaran kabar tersebut sebelum mempercayainya. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menghindari hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri sejumlah informasi yang viral di media sosial. Hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut 6 hoaks yang beredar dalam sepekan.

 

1. Akibat Divaksin Prajurit Tumbang di Depan Pangeran Charles

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video seorang prajurit tumbang di hadapan Pangeran Charles akibat divaksin. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 25 Oktober 2021.

Video seorang prajurit tumbang di hadapan Pangeran Charles akibat divaksin menampilkan seorang mengenakan baju hitam jatuh dihadapan seorang mengeenakan baju abu-abu.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"🔺Pangeran Charles berbicara dengan seorang pria Vaxxed yang kemudian runtuh di luar Bus Vaxx ASDABAGIKAN ini sejauh-jauhnya 🇺🇸Bergabunglah dengan Kami👉 @SersanRobertHorton"

Benarkah klaim video seorang prajurit tumbang di hadapan Pangeran Charles akibat divaksin? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

2. Atlet Olimpiade Swiss Menderita Miokarditis karena Vaksin Covid-19 Tiga Kali

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim atlet olimpiade Swiss Fabienne Schlumpf didiagnosis menderita miokarditis karena vaksin Covid-19 tiga kali. Klaim tersebut diunggah akun salah satu akun Facebook, pada 31 Januari 2022.

Klaim atlet olimpiade Swiss Fabienne Schlumpf didiagnosis menderita miokarditis karena vaksin Covid-19 tiga kali berupa tulisan sebagai berikut:

"#COVIDVACCINEVICTIMSAtlet Olimpiade Swiss divaksinasi Tiga kali berusia 31 tahun Fabienne Schlumpf didiagnosis menderita myocarditis"

Disertai dengan tautan sebagai berikut

"https://www.euroweeklynews.com/.../swiss-fabienne.../"

Benarkah klaim atlet olimpiade Swiss Fabienne Schlumpf didiagnosis menderita miokarditis karena vaksin Covid-19 tiga kali? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

3.  Foto Ini Marc Marquez Pulang Kampung Bawa Indomie

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Pembalap MotoGP Marc Marquez Pulang Kampung Membawa Indomie (sumber: Facebook).

Sebuah foto yang diklaim pembalap MotoGP Marc Marquez pulang kampung membawa Indomie beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 22 Maret 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah foto Marquez yang tengah duduk di kursi. Di samping kursinya, terdapat satu kardus Indomie dan kudapan lainnya.

"Bambang Marquez borong Indomie pulang kampung 👍," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons warganet.

Benarkah dalam foto tersebut pembalap MotoGP Marc Marquez pulang kampung membawa Indomie? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

4.  Video Selawat Berkumandang di Rusia

 Sebuah video yang diklaim selawat berkumandang di Rusia beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook.

Dalam video berdurasi 1 menit itu tampak puluhan orang berkumpul di suatu ruangan sambil melantunkan selawat. Video itu kemudian dikaitkan bahwa peristiwa itu terjadi di Rusia.

"Salawat berkumandang di Rusia," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 89 kali ditonton dan beberapa kali direspons warganet.

Benarkah dalam video itu selawat berkumandang di Rusia? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

5. Video 2.500 Ton Minyak Goreng Tumpah ke Laut

 Sebuah video yang diklaim 2.500 ton minyak goreng tumpah ke laut beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 20 Maret 2022.

Video berdurasi 24 detik itu memperlihatkan tumpahan minyak di atas dek kapal. Video itu kemudian dikaitkan dengan tumpahnya 2.500 ton minyak goreng ke laut.

"VIRAL MINYAK GORENG 2.500 TON TUMPAH KE LAUT SENILAI RP 37 MILIAR, NETIZEN: AKIBAT DZOLIMI KE RAKYAT"

"2500 ton minyak goreng tumpah di laut viral di dunia maya," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 121 kali ditonton dan mendapat beragam respons dari warganet.

Benarkah dalam video itu 2500 ton minyak goreng tumpah ke laut? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

6. Marc Marquez Ditolak Puskesmas karena Tidak Memiliki BPJS Saat Kecelakaan di MotoGP Mandalika

Beredar di media sosial postingan yang menyebut pembalap MotoGP Marc Marquez ditolak Puskesmas karena tidak punya BPJS saat mengalami kecelakaan di Sirkuit Mandalika. Postingan itu ramai dibagikan sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 20 Maret 2022.

Dalam postingan tersebut terdapat potongan judul artikel berita:

"Jatuh di Mandalika Marques ditolak Puskesmas karena tidak memiliki BPJS"

Akun itu menambahkan narasi:

"Marc Marquez Kubilang memang sblm brgkt urus BPJS"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim pembalap MotoGP Marc Marquez ditolak Puskesmas karena tidak punya BPJS saat mengalami kecelakaan di Sirkuit Mandalika? Simak hasil penelusurannya di sini

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.