Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Marc Marquez Pulang Kampung Bawa Indomie

Beredar foto yang diklaim pembalap MotoGP Marc Marquez pulang kampung membawa Indomie. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim pembalap MotoGP Marc Marquez pulang kampung membawa Indomie beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 22 Maret 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah foto Marquez yang tengah duduk di kursi. Di samping kursinya, terdapat satu kardus Indomie dan kudapan lainnya.

"Bambang Marquez borong Indomie pulang kampung 👍," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons warganet.

Benarkah dalam foto tersebut pembalap MotoGP Marc Marquez pulang kampung membawa Indomie? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim pembalap MotoGP Marc Marquez pulang kampung membawa Indomie. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya mengarah ke salah satu unggahan di akun Instagram yang dikelola Marc Marquez, @marcmarquez93. Namun dalam foto itu, tidak terdapat kardus Indomie dan kudapan lainnya.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @marcmarquez93.

 

Referensi:

https://www.instagram.com/p/CbF0qiWK5Oh/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim pembalap MotoGP Marc Marquez pulang kampung membawa Indomie ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan hasil rekayasa digital.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.