Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Makam Presiden Pertama Turki, Mustafa Kemal Ataturk Tercium Bau Busuk

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati video yang diklaim makam presiden pertama Turki, Mustafa Kemal Ataturk berbau busuk. Klaim ini diunggah oleh salah satu akun Facebook pada 22 Juli 2021 lalu.

Dalam video berdurasi 3 menit 2 detik ini terlihat seseorang sedang merekam vlog di makam Kemal Ataturk di Ankara, Turki. Pada vlog, seseorang tersebut tampak seperti mencium bau yang tidak sedap. Hal ini juga ia ungkapkan beberapa kali pada vlognya.

"Aduh… enggak enak ini baunya," ujar si perekam video.

"Tapi emang banyak orang yang gak kebauan, tapia ane kebauan nih," ucap dia pada detik ke-22.

"Bau… bau.. bau, memang kayaknya orang-orang tertentu aja yang dibauin," ucap si perekam video.

Lalu, benarkah makam Mustafa Kemal Ataturk memiliki bau yang tidak sedap? Simak Penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri informasi tersebut dengan mencari di YouTube dengan kata kunci "makam Mustafa Kemal Ataturk"

Hasilnya, ditemukan beberapa video yang membantah kabar bahwa makam Mustafa Kemal Ataturk berbau busuk. Video pertama yang diunggah oleh Faisal Nasution pada 15 April 2020. Video berdruasi 3 menit 26 detik itu diberi judul "Makam Mustafa kemal Attaturk Bau?? | Komplek Makam Mustafa kemal Attaturk".

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube Faisal Nasution.

"Kata orang bau kuburannya, tapi kok enggak bau ya, karena ini udara terbuka ya," ucap si perekam video.

Terdapat video lainnya yang membantah makam Kemal Ataturk berbau busuk. Video tersebut berjudul "UNSENSOR NGERI!!!! LIAT MAKAM MUSTOFA KEMAL ATATURK JASAD YANG TIDAK DI TERIMA BUMI” yang diunggah channel YouTube setiahadikunto channel pada 12 Februari 2021. Pada video tersebut terlihat seseorang yang sedang mengambil vlog di makam presiden pertama Turki.

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube setiahadikunto channel.

"Ih katanya bau," ujar vlogger tersebut.

"Tapi tadi enggak," ujar istri vlogger.

"Ttapi tadi enggak, karena kita pake masker kali ya," lanjut si vlogger.

 

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=eI0Cq-oHkJ4

https://www.youtube.com/watch?v=A1mOkr_MpWU 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim makam presiden pertama Turki, Mustafa Kemal Ataturk mengeluarkan bau busuk ternyata tidak benar. 

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.