Sukses

Simak Hoaks Pembagian Hadiah Terbaru yang Beredar Lewat WhatsApp

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks pembagian hadiah beredar di jejaring sosial WhatsApp, biasanya informasi yang disajikan menjanjikan hadiah menarik disertai dengan tautan untuk menipu.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah membuktikan sejumlah hoaks informasi pembagian hadiah yang beredar di WhatsApp, berdasarkan hasil penelusuran yang sebelumnya telah dilakukan.

Berikut kumpulan hoaks pembagian hadiah yang beredar di WhatsApp:

1. Hadiah Jam Tangan dari Rolex

Beredar melalui aplikasi percakapan pesan berantai yang menjanjikan hadiah jam Rolex. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak akhir bulan Mei.

Dalam pesan berantai disebutkan bahwa jam Rolex bisa didapatkan jika mengisi survei melalui link yang diberikan. Berikut isi pesan berantainya:

 "Rolex 100th Anniversaty Celebration

Free gifts for everyone! You have a chance to get a Rolex watch

https://fanbrian.com/tb.php?app=rolex"

Saat dibuka link tersebut mengarah ke website dengan narasi:

"Congratulations!Rolex 100th Anniversary Celebration ! Through the questionnaire, you will have a chance to get a Rolex watch"

atau dalam Bahasa Indonesia

"Selamat! Perayaan Ulang Tahun Rolex ke-100!

Melalui kuesioner, Anda akan berkesempatan mendapatkan jam tangan Rolex."

Lalu benarkah pesan berantai yang menyebut Rolex sedang mengadakan program bagi-bagi jam tangan dengan syarat mengisi survei? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, pesan berantai yang menyebut Rolex sedang mengadakan program bagi-bagi jam tangan dengan syarat mengisi survei adalah hoaks.

 

2. Pertamina Bagikan Hadiah Hari Jadi ke-60

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PT Pertamina (Persero) membagikan hadiah untuk merayakan hari jadi ke-60.

Informasi Pertamina bagikan hadiah  untuk merayakan hari jadi ke-60, beredar lewat aplikasi pecakapan WhatsApp berupa tautan, berikut informasi tersebut:

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Pertamina bagikan hadiah untuk merayakan hari jadi ke-60

Benarkah Pertamina bagikan hadiah untuk merayakan hari jadi ke-60? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi Pertamina bagikan hadiah untuk merayakan hari jadi ke-60 tidak benar.

Pertamina pun menghimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap segala bentuk hoaks modus penipuan yang mengatasnamakan Pertamina. 

 

3. Hadiah dari Kopi Janji Jiwa

Beredar di aplikasi percakapan dan media sosial pesan berantai menjanjikan hadiah dari Kopi Janji Jiwa. Pesan berantai itu ramai dibagikan beberapa waktu lalu.

Dalam pesan berantai yang beredar disebut Kopi Janji Jiwa sedang merayakan ulang tahun ke-30. Berikut narasi selengkapnya:

Perayaan ulang tahun ke-30

Banyak hadiah yang sangat indah, serta lebih dari 1000 unit jam tangan pintar dan perangkat seluler.

Yang harus Anda lakukan adalah membuka kotak kado yang benar. Anda telah mencoba 3 kali, semoga berhasil!"

Lalu benarkah pesan berantai yang mengklaim Kopi Janji Jiwa sedang merayakan ulang tahun ke-30 dan mengadakan program bagi-bagi hadiah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, pesan berantai yang mengklaim Kopi Janji Jiwa sedang merayakan ulang tahun ke-30 dan mengadakan program bagi-bagi hadiah adalah hoaks.

4. Pertamina Bagikan Hadiah untuk Rayakan Ulang Tahun Ke-40

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PT Pertamina (Persero) membagikan hadiah untuk merayakan ulang tahun ke-40. Informasi tersebut tersebar lewat aplikasi jejaring sosial WhatsApp.

Informasi Pertamina membagikan hadiah untuk merayakan ulang tahun ke-40 berupa tautan yang mengarahkan penerima pesan untuk masuk dalam sebuah situs seperti berikut:

 

Pertamina membagikan hadiah untuk merayakan ulang tahun ke-40

Benarkah informasi Pertamina membagikan hadiah untuk merayakan ulang tahun ke-40? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi Pertamina membagikan hadiah untuk merayakan ulang tahun ke-40 tidak benar.

Ulang tahun Pertamina berlangsung pada bulan Desember, sehingga pemberian hadiah dalam rangka perayaan tersebut merupakan modus penipuan digital. 

 

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut