Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Janjikan Hadiah dari Kopi Janji Jiwa

Dalam pesan berantai yang beredar disebut Kopi Janji Jiwa sedang merayakan ulang tahun ke-30.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di aplikasi percakapan dan media sosial pesan berantai menjanjikan hadiah dari Kopi Janji Jiwa. Pesan berantai itu ramai dibagikan beberapa waktu lalu.

Dalam pesan berantai yang beredar disebut Kopi Janji Jiwa sedang merayakan ulang tahun ke-30. Berikut narasi selengkapnya:

"Perayaan ulang tahun ke-30

Banyak hadiah yang sangat indah, serta lebih dari 1000 unit jam tangan pintar dan perangkat seluler.

Yang harus Anda lakukan adalah membuka kotak kado yang benar. Anda telah mencoba 3 kali, semoga berhasil!"

Lalu benarkah pesan berantai yang mengklaim Kopi Janji Jiwa sedang merayakan ulang tahun ke-30 dan mengadakan program bagi-bagi hadiah?

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi akun Instagram resmi Kopi Janji Jiwa, @kopijanjijiwa yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. Di sana terdapat penjelasan terkait pesan berantai tersebut.

Penjelasan itu diunggah dalam postingan tanggal 26 Mei 2021. Berikut isinya:

"Halo temansejiwa,

Dengan ini Jiwa menginformasikan bahwa segala bentuk kegiatan (event, giveaway, kuis dan lain-lain) hanya diselenggarakan di akun Instagram resmi @kopijanjijiwa.

Apabila ada pihak yang memberikan informasi kegiatan tersebut bukan melalui akun resmi Instagram @kopijanjijiwa maka hal itu bukan dari pihak Kopi Janji Jiwa.

Mohon berhati-hati untuk segala jenis penipuan ya, temansejiwa. Semoga harimu menyenangkan dan sehat selalu"

Cek Fakta Kopi Janji Jiwa bagikan hadiah

Selain itu Cek Fakta Liputan6.com juga mengunjungi website Jiwa Group, Lunarabrands.com. Di sana terdapat artikel berjudul "Press Release - Rayakan 2nd Anniversary, Janji Jiwa Berkolaborasi dengan Ayang Cempaka" yang tayang pada 15 Juni 2020.

Di sana terdapat penjelasan bahwa Kopi Janji Jiwa berulangtahun kedua pada 15 Juni 2020. Artinya saat ini Kopi Janji Jiwa baru akan berusia tiga tahun atau tidak sesuai dengan pesan berantai yang menyebut umurnya sudah 30 tahun.

Sumber:

https://www.lunarabrands.com/post/press-release-rayakan-2nd-anniversary-janji-jiwa-berkolaborasi-dengan-ayang-cempaka

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang mengklaim Kopi Janji Jiwa sedang merayakan ulang tahun ke-30 dan mengadakan program bagi-bagi hadiah adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.