Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai OVO Bagikan 1000 Jam Tangan Pintar

Beredar kembali di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai yang menjanjikan hadiah 1000 jam tangan pintar dari OVO.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kembali di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai yang menjanjikan hadiah 1000 jam tangan pintar dari OVO. Pesan berantai tersebut ramai dibagikan sejak awal pekan ini.

Salah satu yang membagikannya adalah akun bernama Nisa Nisa II. Dia mengunggahnya di Facebook pada 13 April 2021.

Dalam postingannya ia memberikan postingan berisi tautan dengan narasi "https://ovogift.xyz/ovo-id/?t=1618328245882"

Saat diklik tautan tersebut terdapat penjelasan sebagai berikut: "Perayaan ulang tahun ke-60 Banyak hadiah yang sangat indah, serta lebih dari 1000 unit jam tangan pintar dan perangkat seluler. Yang harus Anda lakukan adalah membuka kotak kado yang benar. Anda telah mencoba 3 kali, semoga berhasil!

Lalu benarkah pesan berantai yang menjanjikan hadiah 1000 unit jam tangan pintar dari OVO?

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menghubungi pihak OVO. Mereka membantah telah mengadakan program tersebut seperti tertulis dalam pesan berantai.

"Sehubungan dengan maraknya pesan berantai yang mengatasnamakan OVO di berbagai platform media sosial, kami secara resmi menyatakan bahwa OVO tidak pernah menyelenggarakan program pesan berhadiah ataupun menjanjikan hadiah apapun kepada para pengguna," ujar Harumi Supit, Head of Corporate Communication OVO saat dikonfirmasi Kamis, (15/4/2021).

"Segala informasi resmi mengenai OVO selalu disampaikan melalui akun resmi sosial media kami yaitu @ovo_id (yang bercentang biru). Kami informasikan juga untuk tidak pernah membagikan kode OTP dan Security Code anda kepada pihak manapun termasuk kepada petugas CS/Layanan Pelanggan sekalipun," katanya menambahkan.

Ia juga menegaskan OVO terus berusaha memberikan keamanan data bagi pelanggannya.

"Kami percaya bahwa keamanan dan data pengguna merupakan hal yang sangat penting dan menjadi prioritas kami. Dengan layered-security system, kami akan terus menjamin bahwa setiap data pelanggan dilindungi demi memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pengguna OVO," ujar Harumi.

Website resmi OVO sendiri adalah beralamat di www.ovo.id. Dalam website resmi juga tercantum bahwa OVO berdiri sejak 2017 bukan berusia 60 tahun seperti pada pesan berantai yang beredar.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan:

Pesan berantai yang menjanjikan hadiah 100 jam tangan pintar dari OVO adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.