Sukses

Kemenag Minta Calhaj di Aceh Tak Termakan Hoaks Penundaan Keberangkatan Haji

Para calon haji asal Aceh diminta bersabar lantaran adanya penundaan pemberangkatan ke Tanah Suci karena pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh, Iqbal meminta, jemaah calon haji (calhaj) Embarkasi Aceh agar tidak terpengaruh dengan informasi bohong atau hoaks yang beredar tentang penundaan keberangkatan haji akibat pandemi Covid-19.

"Jangan mudah termakan isu atau informasi hoaks yang belum jelas. Mari tabayyun dulu terhadap berita yang kita terima mengenai penundaan pemberangkatan haji. Jadi kita tidak diresahkan oleh berita yang beredar," kata Iqbal, dilansir dari Antara, Rabu (10/3/2021).

Iqbal berharap, para jemaah calhaj asal Aceh untuk bersabar lantaran adanya penundaan pemberangkatan ke Tanah Suci karena pandemi Covid-19.

Menurut dia, pada dasarnya pemerintah melalui Kemenag telah siap untuk memberangkatkan jemaah calhaj dari Indonesia, namun pemerintah masih harus menunggu keputusan dari otoritas Pemerintah Arab Saudi mengenai pelaksanaan ibadah haji bagi warga asing.

"Jemaah calhaj yang tertunda keberangkatannya karena pandemi, sembari menunggu keberangkatan, sebaiknya dapat memanfaatkan waktu untuk manasik dan mendalami ilmu persiapan untuk menunaikan ibadah haji," ucap dia.

"Kita ikut menaati setiap kebijakan pemerintah dan tetap bersabar serta ikhtiar dan terus berdoa. Insyaallah kondisi pandemi ini akan berakhir," tambahnya.

Ia mengatakan, apabila terdapat persoalan tentang haji yang belum dapat dipastikan kebenarannya maka Kemenag Aceh meminta agar jamaah calhaj dapat langsung berkonsultasi dengan petugas di Kemenag kabupaten ata kota.

Selain itu, ia juga meminta IPHI untuk berperan aktif dalam menyebarkan informasi positif tentang haji di tengah masyarakat, apalagi di tengah wabah virus corona sehingga masyarakat tidak resah dengan informasi hoaks yang beredar.

"Kami berharap IPHI dapat berperan aktif dalam menangkal isu-isu yang bisa meresahkan calhaj tentang kondisi pandemi COVID-19, tentunya IPHI jadi mitra bagi kami dalam pembinaan umat," demikian Iqbal.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.