Sukses

Waspada, Ragam Hoaks Pesan Berantai Janjikan Hadiah via Telegram

Liputan6.com, Jakarta - Banyak sekali pesan berantai hoaks yang tersebar di media sosial maupun aplikasi menjanjikan hadiah tertentu seperti uang tunai. Pesan berantai ini dibuat oknum tertentu untuk meraup keuntungan dengan jalan penipuan.

Tak jarang pesan berantai ini mencatut nama perusahaan besar agar masyarakat terperdaya. Lalu apa saja hoaks pesan berantai yang beredar? Berikut beberapa diantaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Dana Bagikan Uang Tunai via Telegram

Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai soal dompet digital Dana membagikan uang tunai gratis. Pesan berantai tersebut ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Dalam pesan berantai terdapat link tautan untuk diisi pengguna sebelum mendapatkan uang tunai. Berikut isi pesan berantainya:

"Penghasil saldo Dana nih🔥Sekali Klik dapat 10 RB, syaratnya yang penting punya aplikasi TELEGRAM 👉🏻https://t.me/uangtunai_bot?start=r01515775230"

Lalu benarkah Dana sedang mengadakan program tersebut seperti yang tersebar dalam pesan berantai? Simak dalam artikel berikut ini...

 

2 dari 3 halaman

2. Cek Fakta: Hoaks Link Telegram yang Janjikan Saldo Gopay Gratis

Beredar di media sosial Twitter postingan link yang menjanjikan Gopay gratis. Postingan ini ramai dibagikan sejak awal pekan kemarin.

Salah satu akun yang mempostingnya adalah @pohoncemara128. Ia mengunggah postingan sebagai berikut:

"Di aku belom Ada https://t.me/GopayReferrall_bot?start=r06017165220Di klik Gaes, biar dapet gopay gratis"

Selain itu ada juga akun @LemonAddict4 yang juga membuat postingan serupa yakni: "Ada yang ingin gopay gratis? Tinggal klik link dibawah nanti ada rulesnya ikutin aja."

Ada juga akun @Dzikri5Ahmad yang memposting "Mau dapet saldo gopay gratis? Kuyy gabung lewat telegram. Setiap mengundang 1 orang kamu akan dapat 5000. Ini bukan hoax ya sudah banyak buktinya,jadi tunggu apalagi buruan join!! Klik link dibawah untuk mendapatkan saldo gopay gratis"

Lalu benarkah Gopay sedang mengadakan promo seperti yang diposting di atas? Simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: