Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Dana Bagikan Uang Tunai via Telegram

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai soal dompet digital Dana membagikan uang tunai gratis. Pesan berantai tersebut ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Dalam pesan berantai terdapat link tautan untuk diisi pengguna sebelum mendapatkan uang tunai. Berikut isi pesan berantainya:

"Penghasil saldo DANA nihūüĒ•Sekali Klik dapat 10 RB, syaratnya yang penting punya aplikasi TELEGRAM ūüĎČūüŹĽhttps://t.me/uangtunai_bot?start=r01515775230"

Lalu benarkah Dana sedang mengadakan program tersebut seperti yang tersebar dalam pesan berantai?

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menghubungi Vice President of Communications Dana, Steve Saerang. Ia menyebut pesan berantai tersebut hoaks.

"Pesan berantai berisi tautan tersebut sama sekali tidak berkaitan dengan Dana. Link tersebut terindikasi sebagai kejahatan digital atau penipuan (scam)," ujar Steve saat dihubungi Cek Fakta Liputan6.com, Selasa (26/1/2021).

"Para pelaku berupaya untuk membuat tindakan terencana dalam rangka mendapatkan uang dengan menipu baik melalui media chat, telepon, dan sebagainya."

Ia pun menjelaskan Dana terus mengawasi modus serupa maupun tindakan lainnya yang mengancam keamanan penggunanya.

"Kami selalu mengedukasi pengguna melalui berbagai kanal yang dimiliki baik online maupun offline. Sementara dari sisi aplikasi kami juga membenamkan berbagai teknologi seperti risk engine/fraud detection berbasis AI yang bisa menganalisa setiap transaksi."

Steve berharap masyarakat selalu waspada pada modus serupa. "Kami mengimbau pengguna untuk lebih berhati-hati terhadap penipuan digital serupa, terutama berkaitan dengan promo. Maraknya penipuan digital disebabkan karena minimnya literasi."

Adapun akun Dana di media sosial adalah @dana.id di Instagram, @danawallet di Twitter dan Facebook semuanya sudah bercentang biru atau terverifikasi. Sedangkan website resmi dana beralamat di dana.id.

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang berisi tautan Dana sedang membagikan program uang tunai adalah hoaks.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: