Sukses

Deretan Hoaks Bawang Bisa Cegah atau Sembuhkan Covid-19

Hoaks soal bawang telah menyebar sebelum covid-19 ditetapkan sebagai pandemi Maret lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks soal kesehatan terutama terkait pandemi virus corona covid-19. Beberapa diantaranya terkait pencegahan dan penyembuhan covid-19.

Salah satu bahan makanan yang menjadi sasaran hoaks adalah bawang. Ya, bawang dianggap bisa mencegah dan menyembuhkan penyakit infeksi tersebut.

Bahkan hoaks soal bawang telah menyebar sebelum covid-19 ditetapkan sebagai pandemi Maret lalu. Tentu hal ini sangat membahayakan bagi masyarakat yang bisa saja menelan hoaks itu mentah-mentah.

Lalu apa saja hoaks yang menyebut bawang bisa mencegah atau mengobati virus corona covid-19?

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Cek Fakta: Air Rebusan Bawang Putih Bisa Sembuhkan Covid-19? Ini Faktanya

Kabar tentang air rebusan bawang putih yang diklaim bisa menyembuhkan virus corona atau Covid-19 beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Laila pada 15 Maret 2020.

Akun Facebook Laila mengunggah gambar yang berisi narasi manfaat air rebusan bawang putih yang bisa menyembuhkan Covid-19. Berikut narasinya:

Kabar baik!!! Virus Corona Wuhan dapat menyembuhkan dirinya sendiri *dengan semangkuk air bawang putih yang baru direbus. Dokter Tiongkok yang lama membuktikan keeftifannya. banyak pasien juga telah terbukti efektif, RESEP: Ambil delapan (8) siung bawang putih cincang, tambahkan tujuh (7) gelas air dan didihkan. Makan dan minum air matang dari bawang putih. Diperbaiki dan disembuhkan semalam ...tolong dibagikan dengan semua kontak Anda dapat membantu menyelamatkan nyawa ..

Akun ini juga mengeklaim bahwa air rebusan bawang putih bisa menjadi obat menyembuhkan corona.

"Obat corona," tulis akun Facebook Laila. Konten yang diunggah akun Facebook Laila telah 1.600 kali oleh warganet.

Lalu benarkah klaim tersebut? Simak penelusurannya dalam artikel berikut ini...

3 dari 5 halaman

2. Cek Fakta Kesehatan: Viral Bawang Putih Jadi Obat untuk Infeksi Virus Corona Wuhan

Dunia tengah dihebohkan dengan kemunculan virus baru, 2019-nCoV, yang pada kasus parah bisa berujung pneumonia. Virus corona pertama kali ditemukan di Wuhan, China dan kini telah menyebar kurang lebih ke sepuluh negara lain dan menjangkiti ribuan orang serta puluhan korban meninggal.

Meski belum ditemukan kasus virus corona Wuhan di Indonesia, mulai bermunculan pesan berantai di media sosial (WAG) mengenai pengobatan alternatif yang diklaim mampu menyembuhkan infeksi virus tersebut.

Isi pesan-pesan tersebut tak beda jauh. Yaitu mengenai manfaat bawang putih untuk pengobatan virus, termasuk virus corona.

"Dokter zong yi dia udh kena virus selama 8 hari. Jadi, bawang putih dikupas kulitnya , trs bawang putih ny di rebus selama 3 menit .( Airnya 7 gelas ) Yang kena virusnya sekali minum 2 kali . Pas hari kedua udh agak mendingan sakitnya, serta keluarkan dahak hitam dan sudah tidak demam lg. Pas bsk harinya sudah kembali normal (sudah sembuh)"

Dalam pesan lain, berbunyi: "Ini bawang putih yg besar ambil 8 biji, dikupas kulitnya ditaruh mangkok di tuang 7 gelas air mendidih selama 3 menit setelah itu di minum langsung 2 gelas ,ternyata pasien yg kena Virus Corona sembuh di hari kedua/setelah malam minum air bawang putih ini!!!!!"

Benarkah demikian? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 5 halaman

3. Cek Fakta: Bawang Merah yang Dikupas Tak Terbukti Bisa Menyerap Virus Corona COVID-19

Berbagai kabar soal Corona COVID-19 menyebar di media sosial dan aplikasi pesan WhatsApp. Beberapa menawarkan tips berkhasiat untuk mencegah atau melawan penyakit yang hingga kini belum ditemukan vaksin dan obatnya yang manjur.

Salah satunya yang diunggah akun Facebook Mbah Juminten Haha Hihi, pada 23 Maret 2020. Bukan bawang putih yang sempat viral, kali ini ia mengklaim bawah merah bisa mencegah virus corona baru. Konon bahkan tak perlu dimakan bahkan.

Berikut isi unggahan dalam akun Facebook itu:

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.*PENEMUAN DOKTER DI CHINA UNTUK MENANGKAL KUMAN, BAKTERI, DAN VIRUS DI RUMAH KITA*Saat ini wabah virus Corona semakin meluas ke seluruh dunia. Di Indonesia saja makin hari makin bertambah. Ada sebuah kejadian menarik di China. Ketika epidemi virus Corona merebak di banyak tempat di dunia, ada sebuah keluarga yang sama sekali tak tersentuh oleh virus Corona. Ada seorang dokter yang heran akan hal ini dan ia mengunjungi keluarga tersebut. Dokter ini mendapati bahwa keluarga ini tiap hari menaruh bawang merah yang telah dikupas di mangkok dan meletakkannya di setiap kamar di rumah itu.

Akhirnya dokter ini mengambil salah satu mangkok yang ada bawang merah kupasan itu dan dengan metoda bakteriologis dokter ini mendapati seluruh permukaan bawang itu penuh virus dan kuman yang sudah in-aktif.

Bawang merah itu ternyata menyedot virus dan kuman lalu memfokuskannya masuk dalam intra sel, lalu dicerna dalam vakuola dan membunuhnya.

Bukan hanya virus saja, tapi juga bakteri, kuman, semuanya terkumpul di situ dalam keadaan sudah in-aktif atau mati.

Kemudian dokter ini juga melihat ada beberapa toko di China juga memasang bawang merah di sekitar tokonya juga terbebas dari serangan epidemi dan mendapati karyawannya lebih sehat.

Akhirnya dokter ini mendapatkan kesimpulan : Jadi tempatkanlah beberapa butir bawang merah yang telah dikupas dalam sebuah mangkuk, tempatkan di kamar tidur dan ruang keluarga.

Ganti setiap hari, maka Anda akan terbebas dari segala virus dan bakteri termasuk virus Corona.

Akhirnya dokter ini membuat percobaan : Dia memiliki pasien seorang penderita radang paru berat atau pneumonia dan sedang menjalani pengobatan. Maka dokter ini mengambil beberapa bawang merah, lalu dia kupas dan dimasukkan dalam mangkuk lalu ditaruh di samping ranjang pasien semalaman.

Mula mula dia sendiri merasa aneh. Bahkan teman teman dokter seprofesinya mengira dia sedang mempraktekkan ilmu sihir.

Keesokan paginya alangkah terkejutnya dokter ini karena ternyata bawang merah itu telah berubah warna jadi kehitaman. Dan ketika bawang merah itu diambil dan diteliti di laboratorium ternyata bawang merah itu telah penuh dengan kuman dan bakteri.

Setiap hari dokter ini memasang bawang merah dan jika sudah menghitam lalu dibuang dan diganti dengan yang baru.

Ternyata pasien dokter ini lebih cepat sembuh.

Nah ayo mulai sekarang kita pasang bawang merah yang sudah dikupas. Masukkan dalam mangkuk dan taruh di kamar, ruang tamu, gudang, dan setiap sudut sudut ruangan. Semoga virus, kuman dan bakteri yang ada di rumah Anda akan diserap habis oleh bawang merah.

Sebarkan berita ini kepada teman, saudara, kerabat, agar mereka juga bisa mencegah virus Corona.

_Semoga jika orang sudah mengetahui rahasia ini harga bawang merah tidak naik 😁_"

Benarkah bawang merah dapat menangkal virus Covid-19? Simak penelusuran dalam artikel berikut ini...

5 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.