Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Postingan Foto Donald Trump sedang Menangis

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan terkait Presiden AS Donald Trump yang sedang menangis. Postingan ini ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu akun yang membagikannya adalah @Mamako_Hitakami. Ia mengunggahnya di Twitter pada 15 November 2020.

Dalam postingannya terdapat foto Presiden AS Donald Trump yang sedang memegang matanya. Postingan tersebut disertai narasi:

"President Trump was moved by the love of his supporters and shed tears.Mr. President, he has a pure and kind heart. What Wonderful President"

atau dalam Bahasa Indonesia

"Presiden Trump tersentuh oleh cinta para pendukungnya dan menitikkan air mata. Tuan Presiden, dia memiliki hati yang murni dan baik hati. Presiden yang Luar Biasa"

Lalu benarkah postingan yang menggambarkan Presiden AS Donald Trump sedang menangis?

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel dari AFP Fact Check berjudul "This photo has been doctored to include a tear on Donald Trump’s face" yang tayang 30 November 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa foto tersebut sudah dimodifikasi. Hal ini ditemukan melalui pencarian kata kunci dan menggunakan Google Reverse Image.

Cek Fakta Donald Trump menangis 2

Foto tersebut merupakan bidikan dari fotografer AFP, Nicholas Kamm pada 15 Juli 2020. Dalam deskripsi foto bertuliskan:

"Presiden AS Donald Trump berbicara kepada pers di Oval Office di Gedung Putih setelah menerima pengarahan dari pejabat penegak hukum terkait operasi melawan geng MS-13 di Washington, DC, pada 15 Juli 2020."

Selain itu foto pada postingan (kiri) juga dimodifikasi dengan menambahkan air mata, sementara di foto asli tidak ada.

Link untuk foto asli kami sertakan di sini...

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Postingan yang menyebut Presiden AS Donald Trump menangis adalah tidak benar. Faktanya foto tersebut sudah dimodifikasi dengan menambah air mata.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini