Sukses

Cek Fakta: Viral Meme Bondan Prakoso Meninggal Dunia, Ini Faktanya

Beredar meme RIP Bondang Prakoso kemudian dikaitkan dengan kabar duka.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah meme RIP Bondan Prakoso beredar di media sosial. Meme ini tersebut disebarkan akun Facebook Tya Tya pada 23 November 2020.

Akun Facebook Tya Tya mengunggah gambar Bondan Prakoso diserati dengan tulisan RIP. Tak sedikit dari warganet yang mengaitkan gambar tersebut dengan kabar meninggalnya mantan personel Funky Kopral tersebut.

"Pack buck 🙁," tulis akun Facebook Tya Tya.

Konten tentang Bondan Prakoso yang disebarkan akun Facebook Tya Tya telah 70 kali dibagikan dan mendapat 257 komentar warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri meme RIP Bondan Prakoso dan kabar yang mengaitkan musisi tersebut meninggal dunia.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "bondan prakoso meninggal dunia".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai meme tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Heboh, Muncul Meme Bondan Prakoso Meninggal Dunia" yang dimuat situs Liputan6.com pada 21 Desember 2017 silam.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal dengan Bondan Prakoso? Salah satu musikus Tanah Air yang mengawali kariernya sebagai penyanyi cilik di era 1980-an.

Lama tak muncul di layar kaca, Bondan Prakoso membawa berita menghebohkan. Salah satu akun dagelan di Instagram @takbirmalik baru-baru ini mengunggah foto Bondan dengan tulisan "RIP" di atasnya.

Foto tersebut dibuat dengan efek hitam putih. Alhasil, banyak orang mengira foto itu bertujuan untuk mengumumkan kematian Bondan Prakoso.

Pasalnya, selama ini 'RIP' merupakan singkatan dari "Rest In Peace" yang artinya beristirahatlah dengan tenang. Dan kata-kata itu ditujukan untuk orang yang sudah meninggal.

Tapi ternyata "RIP" itu merupakan judul lagu Bondan Prakoso bersama Fade 2 Black. "RIP" adalah kependekan dari "Rhyme In Peace" yang dirilis pada 2007 silam.

"sedih banget yak lagunya," tulis akun tersebut di kolom keterangan.

Lagu itu sendiri didedikasikan untuk beatmaer Fade 2 Black yang meninggal dunia pada 2006. Isinya menggambarkan arti sebuah persahabatan dan kekeluargaan.

Begini penggalan liriknya, "Slamat jalan teman, semoga kau tenang, Semua canda tawa bayangmu takkan pernah hilangDalam setiap langkah, kau slalu ada, Sampai kini ku tak percaya kau telah tiada."

Melihat unggahan tersebut, banyak warganet yang kesal, karena menurut mereka, kata-kata itu tidak pantas untuk dijadikan candaan.

"Jahat ni yg jdiin candaan," ujar @wulantriyanti.

"Receh.. Objek candaan banyak.. Yg kek gini ga pantas sma sekali," sahut @irvan.fernando.

"Wah parah lu min gak usah pakek foto org nya. Sama aja do a in," @hiii.dayat76 menimpali.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Meme RIP Bondan Prakoso yang viral tersebut ternyata tidak terkait kabar duka. "RIP" merupakan judul lagu Bondan Prakoso bersama Fade 2 Black. "RIP" adalah kependekan dari "Rhyme In Peace" yang dirilis pada 2007 silam. Konten yang disebarkan akun Facebook Tya Tya masuk kategori palsu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.