Sukses

Cek Fakta: Muncul Lagi SMS Hoaks Undian Berhadiah dari PT Len Industri

Liputan6.com, Jakarta - Beredar informasi pembagian hadiah Rp 100 juta dari PT Len Industri. Informasi ini beredar lewat SMS. Dalam pesan tersebut berisi narasi sebagai berikut:

PESAN RESMI

SLMT! No Internet anda m-dptkan

Hadiah cek Rp. 100jt dri PT.LEN INDUSTRI 4G

Kode ID pin 25E477R

U/vertifikasi Klik:

Bit.ly/undianptlen4g2020

Jika diklik, tautan tersebut mengarah ke situs layananptlenindustri.blogspot.com. Berikut isi dari situs tersebut:

Program Undian PT.LEN INDUSTRI 4G awal Tahun 2015 Merupakan salah satu bentuk loyalitas perusahaan sekaligus bentuk penghargaan kpd pelanggan yg telah setia menggunakan produk PT.LEN INDUSTRI 4G sebagai jaringan saat ini, mudah-mudahan dengan adanya program ini dapat meningkatkan karir dan kinerja perusahaan untuk jangka waktu ke depan.

PT.LEN INDUSTRI 4G Mewakilih seluru karyawan (i) dan menejemen dari perusahaan mengucapkan Selamat.!! Kpd Semua Pemenang yg terpilih mendapatkan Hadiah dalam undian ini, Semoga hadiah yg anda dapatkan bisa bermanfaat buat anda sekeluarga.

KETERANGAN UNDIANUUD No.32 Pasal 331 ayat-23, Tentang kecemburuan sosial sesama masyarakat atau pemalsuan pemenang. Pengundian sdh dilakukan di hadapan notaris dan disaksikan oleh pihak dinas sosial RI, Pemda DKI jakarta dan seluru jajaran manajemen dari pihak perusahaan PT.LEN INDUSTRI 4GMohon maaf bila pencantugan nomor pemenang tdk kami cantumkan secara lengkap demi menghindari unsur-unsur yg tdk bertanggung jawab (penggandaan nomor/pemalsuan pemenang).

Pemenang resmi kami akan mendapatkan konfirmasi melalui/Whatsapp/Telpon/ yg mencantumkan situs undian resmi PT.LEN INDUSTRI 4GAgar tdk terjadi hal-hal yg tdk diinginkan, Diharapkan agar pemenang melaporkan CODE PIN pemenangnya dengan benar sesuai yg tertera dalam daftar pemenang.

UUD No.32 Pasal 331 ayat-23, Tentang kecemburuan sosial sesama masyarakat atau pemalsuan pemenang. 

Pengundian sdh dilakukan di hadapan notaris dan disaksikan oleh pihak dinas sosial RI, Pemda DKI jakarta dan seluru jajaran manajemen dari pihak perusahaan PT.LEN INDUSTRI 4G Mohon maaf bila pencantugan nomor pemenang tdk kami cantumkan secara lengkap demi menghindari unsur-unsur yg tdk bertanggung jawab (penggandaan nomor/pemalsuan pemenang). 

Pemenang resmi kami akan mendapatkan konfirmasi melalui/Whatsapp/Telpon/ yg mencantumkan situs undian resmi PT.LEN INDUSTRI 4G Agar tdk terjadi hal-hal yg tdk diinginkan, Diharapkan agar pemenang melaporkan CODE PIN pemenangnya dengan benar sesuai yg tertera dalam daftar pemenang.

Benarkah PT Len Industri membagikan hadiah lewat SMS? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi undian berhadiah Rp 100 juta dari PT Len Industri lewat SMS. Penelusuran dilakukan dilakukan dengan menghubungi Sekretaris Perusahaan PT Len Industri, Ade Hermaka.

Ade mengatakan bahwa informasi undian berhadiah Rp 100 juta dari PT Len Industri lewat SMS ternyata tidak benar alias hoaks.

"Hoax, hait-hati penipuan," ujar Ade kepada Liputan6.com, Jumat (16/10/2020).

PT Len Industri juga telah memberikan bantahannya mengenai kabar undian berhadiah. Informasi ini bisa dilihat di unggahan akun Instagam PT Len Industri, @lenindustri.

Gambar Tangkapan Layar Akun Instagram @lenindustri

"#SobatLen...Waspada penipuan dengan modus pemberian hadiah dengan mengatas namakan PT Len Industri (Persero) !!

PT Len Industri tidak pernah mengadakan acara pemberian hadiah dengan memungut biaya apapun. Len Industri menghimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap penipuan dengan modus pemberian hadiah yang mengatasnamakan kami. Pastikan informasi yang diterima berasal dari website atau media sosial resmi Len Industri," tulis akun @lenindustri, 7 Agustus 2020.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi undian berhadiah Rp 100 juta dari PT Len Industri lewat SMS ternyata tidak benar alias hoaks. PT Len Industri tidak pernah membagikan undian berhadiah lewat SMS. Diduga, SMS tersebut merupakan modus penipuan di media sosial.

 

(Indah Suci Safitri)

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.