Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Lowongan Kerja Jadi Pamsuska Mencatut PT KAI

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah pesan berantai berisi lowongan kerja sebagai Pengamanan Khusus Kereta Api (PAMSUSKA) dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) beredar di Facebook.

Dalam pesan berantai tersebut, terdapat narasi yang diklaim PT KAI membuka lowongan kerja. Berikut narasinya:

Assalamualaikum..

Lowongan Tenaga Kerja Menjadi PAMSUSKA..membutuhkan 4...org. pengganti. 4 org Pensiun...

PERSYARATAN..:

1). Lulusan SMA..sederajat

2). Foto kopi ijasah terakhir. 2 lbr

3). Foto kopi. KTP...2. Lembar

4). Foto kopi.KK. 2.Lembar

5). Surat Dokter..

6). SKCK7). Tinggi. 167. Cm

8). Umur. Maximal.. 30 Th

9). Foto 2x3 dan 4x6. Masing masing..2. Lembar

Benarkah PT KAI membuka lowongan kerja lewat pesan berantai di media sosial? Berikut penelusurannya.

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri pesan berantai berisi lowongan kerja sebagai Pengamanan Khusus Kereta Api (PAMSUSKA) dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). Penelusuran dilakukan dengan membuka akun media sosial milik PT KAI.

Di akun Twitter resmi PT KAI, @keretaapikita gambar tangkapan layar yang berisi lamara kerja sebagai PAMSUSKA diberi label "hoax".

Gambar Tangkapan Layar Foto dari Akun Twitter @keretaapikita

Lewat unggahannya, PT KAI memastikan bahwa lowongan kerja yang beredar lewat pesan berantai di media sosial adalah hoaks.

"Waspada Hoax di Tengah Pandemi

KAI kembali menghimbau masyarakat untuk terus waspada terhadap penipuan dengan modus rekrutmen pegawai. Pastikan kebenaran informasinya melalui website resmi http://recruitment.kai.id atau media sosial resmi KAI @keretaapikita atau

@KAI121," tulis akun Twitter @keretaapikita pada 15 September 2020.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Sebuah pesan berantai berisi lowongan kerja sebagai Pengamanan Khusus Kereta Api (PAMSUSKA) dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) ternyata tidak benar alias hoaks. Diduga pesan berantai berisi lowongan kerja PAMSUSKA yang mencatut nama PT KAI merupakan modus penipuan.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.