Sukses

Peran Media Makin Besar di Masa Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa memuji peran media dan jurnalis selama masa pandemi virus corona covid-19. Bahkan ia menyebut jurnalis sebagai salah satu pahlawan untuk membantu memerangi covid-19.

Pandemi virus corona covid-19 telah menginfeksi lebih dari 29 juta orang dan menewaskan 928.626 orang di seluruh dunia. Khusus di Afrika Selatan jumlah kasus positif mencapai 649.793 orang dan menewaskan 15.447 orang.

Sayangnya di tengah usaha untuk memerangi covid-19 banyak kabar palsu atau hoaks yang menyebar di masyarakat. Kabar palsu ini seperti asal muasal virus, cara penanganan, cara pengobatan dan yang terbaru terkait vaksin.

"Selama pandemi ini media tak hanya menjalankan tugasnya sebagai pengawas, namun juga mendukung usaha pemerintah mengurangi covid-19. Kami berutang banyak pada mereka," ujar Cyril dilansir news24.

"Media selalu memberikan informasi kesehatan yang benar dan menjaga orang untuk tetap bersih. Walaupun saya tahu mereka bekerja dengan sumber yang terbatas," katanya menambahkan.

 

2 dari 3 halaman

Dukung Kerja Media

Ia juga meminta masyarakat untuk terus mendukung kerja media. Apalagi di tengah banyaknya hoaks saat ini.

"Saat ini masyarakat bergantung pada media terpercaya untuk mencari informasi. Keberadaan media sangat penting karena semakin banyaknya hoaks," ujar Cyril.

"Pemerintah akan berusaha untuk mengalokasikan anggaran iklan untuk media. Untuk masyarakat juga bisa memainkan perannya membantu media dengan mendaftar untuk bisa membaca konten tertentu atau dengan hal yang mudah seperti membeli koran."

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.