Sukses

Cek Fakta: Hoaks Link Pendataan Bagi Usaha Mikro dan Ultra Mikro dari KemenkopUKM

Liputan6.com, Jakarta - Beredar belakangan ini informasi untuk mengisi link dari Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM). Link informasi tersebut menyebut pengisinya akan mendapat bantuan usaha jutaan rupiah.

Link informasi tersebut berjudul "Pendataan Usaha Mikro dan Ultra Mikro". Link ini mengarahkan pada Google Form untuk diisi.

Lalu benarkah ada link pendataan dari Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) untuk pelaku usaha mikro dan ultra mikro?

Simak kebenarannya di halaman berikutnya:

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta:

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan membuka akun media sosial resmi Kementerian Koperasi dan UKM di Instagram, @kemenkopukm yang bercentang biru.

Hasilnya, dalam postingan Kamis (30/7/2020) lalu, KemenkopUKM membantah informasi tersebut. Berikut isi klarifikasinya:

"Waspadai informasi menyesatkan yang mengatasnamakan Kementerian Koperasi dan UKM ya. Selalu cek sumber resmi di website www.kemenkopukm.go.id dan saluran media sosial resmi KemenkopUKM.

Baru-baru ini beredar ajakan untuk mengisi link pendaftaran usaha mikro dan ultramikro untuk mendapatkan bantuan jutaan rupiah dari KemenkopUKM. Kopmin pastikan informasi tersebut hoax. KemenkopUKM tidak bertanggung jawab atas isian data yang diberikan melalui link tersebut.

Tetap semangat dan selalu waspada. Bersama-sama jaga solidaritas dan gotong-royong untuk menghadapi dampak ekonomi akibat pandemi saat ini."

3 dari 4 halaman

Kesimpulan:

Informasi yang menyebut KemenkopUKM akan memberikan bantuan jutaan rupiah bagi pengusaha mikro dan ultramikro setelah mengisi link pendataan adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.