Sukses

Nih, Pengganti Raikkonen di Lotus untuk Dua GP Tersisa

Bos Lotus, Eric Boullier sempat kebingungan untuk memilih Kovalainen untuk pembalap mudanya, Davide Valsecchi.

Lotus akhirnya memutuskan untuk menunjuk Heikki Kovalainen sebagai pengganti Kimi Raikkonen untuk dua seri balapan yaitu di GP Amerika Serikat akhir pekan ini dan GP Brazil.Setelah melewati negoisasi yang alot dengan Caterham sebagai pemilik Kovalainen, Lotus akhirnya mencapai kesepakatan pada Rabu (13/11/2013).

Ini bakal menjadi kali pertama Kovalainen kembali turun membalap setelah 2012. Sepanjang 2013, pembalap asal Finlandia ini hanya menjadi pembalap ketiga alias pengetes saja di Caterham.

Raikkonen seperti diketahui tak bisa melanjutkan balapan dengan Lotus karena mengalami cedera punggung. Ini sekaligus menjadi akhir bagi Raikkonen di Lotus karena musim depan dia hijrah ke Ferrari.

Sebelumnya, Lotus juga sempat membujuk Nico Hulkenberg, Davide Valsecchi dan Michael Schumacher untuk menjadi pembalap mereka di dua GP tersisa. "Sangat fantastis bisa gabung Lotus di dua balapan terakhir 2013," kata Kovalainen seperti dikutip crash.net. "Kita sudah lihat kalau mobil E21 (mobil Lotus) adalah mobil kompetitif yang bisa memenangkan balapan dan podium. Saya akan mengejar hasil terbaik."

"Langsung membalap dengan mobil kompetitif tatkala Anda jarang tampil sepanjang musim tentu menjadi tantangan tersendiri, tapi saya kenal Lotus jadi saya tak khawatir. Ini kesempatan bagus bagi saya, maka itu saya berterimakasih untuk Tony Fernandes dan Caterham," tambahnya.

Sementara itu, bos Lotus, Eric Boullier mengaku kesulitan karena tak memilih pembalap pengetes mereka, Valsecchi untuk menggantikan Raikkonen. Tapi Lotus berkepentingan untuk mengejar nilai di kategori konstruktor. "Kami memutuskan pengalaman Heikki bisa memberi manfaat untuk menambah kekuatan kami," tuturnya. (Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini