Sukses

Juara BAC 2024, Jonatan Christie Beber Kunci Sukses Bungkam Wakil China

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie menjuarai Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024 usai membungkam wakil tuan rumah Li Shi Feng 21-15, 21-16 dalam 54 menit di Ningbo Olympic Sports Centre Gymnasium, Minggu (14/4/2024) sore WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie menjuarai Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024 usai membungkam wakil tuan rumah Li Shi Feng 21-15, 21-16 dalam 54 menit di Ningbo Olympic Sports Centre Gymnasium, Minggu (14/4/2024) sore WIB.

Jojo sukses membayar kegagalan setelah takluk di final Badminton Asia Championships (BAC) 2022. Dia pun menjadi pemain Indonesia keenam yang menjuarai tunggal putra BAC, termasuk mempertahankan titel yang direbut Anthony Sinisuka Ginting tahun lalu. 

"Pertama-tama Puji Tuhan. Saya tidak menyangka bisa juara lagi setelah kemarin juara All England dan bisa menjadi booster penambah semangat buat saya pribadi agar ke depannya bisa lebih konsisten dan lebih baik lagi dalam hal performance dan segalanya," kata Jonatan pada keterangan resmi PBSI.

"Kemenangan tadi berkat strategi bermain yang saya terapkan dengan irama bermain lebih cepat karena saya lihat Li Shi Feng cukup kelelahan usai pertandingan kemarin di semifinal. Kelihatan kakinya sakit juga. Saya manfaatkan momentum itu untuk nge-push dia supaya nggak berkembang permainannya."

"Saya persembahkan gelar ini yang pertama untuk Tuhan dulu, karena kemenangan ini berkat Tuhan juga. Selanjutnya buat keluarga, istri, mama, papa, nenek, pelatih, team support, PBSI yang telah sangat membantu perkembangan saya selama ini, dan para suporter bulu tangkis Indonesia yang tidak henti-hentinya selalu mendoakan. Terima kasih buat kalian semua," lanjut Jonatan Christie.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemenangan Jonatan Christie di Final BAC 2024

Kedua pemain saling mengejar hingga skor 6-6. Namun, Jojo kemudian melenggang setelah merebut lima angka beruntun.

Juara Asian Games 2018 itu memperlebar keunggulan hingga 15-10. Sayang dia melakukan serangkaian kesalahan hingga Li Shi Feng memangkas defisit jadi satu poin saja.

Beruntung Jojo tidak kehilangan fokus. Dia membalas dengan memetik lima nilai berturut-turut sehingga dalam posisi game point. Jojo pun tidak kesulitan memetik satu angka yang dibutuhkan untuk merebut gim pembuka.

Jonatan mempertahankan momentum dengan mengambil inisiatif begitu gim kedua dimulai. Setelah memimpin satu poin, dia menjauh 8-3 dan 11-5 pada interval.

Jojo menjaga keunggulan hingga 14-7 dan 17-9, sebelum Li Shi Feng tampil menyerang untuk merebut lima angka berturut-turut.

Namun, Jonatan bisa meredam kebangkitan lawan untuk memastikan podium tertinggi turnamen.

"Soal menghadapi penonton tuan rumah, dari awal memang sudah disiapkan. Kami tetap wajib menjalani pertandingan dan tidak bisa walk over. Hitung-hitung menambah pengalaman. Karena tidak mudah bisa bertanding melawan musuh di kandangnya yang terkenal angker, mirip penonton Indonesia. Ya cukup happy bisa mengalahkan Li Shi Feng dan Shi Yu Qi di kandangnya," pungkas Jojo.

3 dari 3 halaman

Hasil Final BAC 2024

Pertandingan 1: Wang Zhi Yi (China) vs Chen Yu Fei (China) 21-19, 21-7

Pertandingan 2: Liang Wei Keng/Wang Chang (China) vs Goh Sze Fei/Nur Izzuddin (Malaysia) 21-17, 15-21, 21-10

Pertandingan 3: Baek Ha-na/Lee So-hee (Korea Selatan) vs Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China) 23-21, 21-12

Pertandingan 4: Jonatan Christie vs Li Shi Feng (China) 21-15, 21-16

Pertandingan 5: Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China) vs Seo Seung-jae/Chae Yu-jung (Korea Selatan) 13-21, 21-15, 21-14 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.