Sukses

Hasil BAC 2024: Hancurkan Jagoan Tuan Rumah, Jonatan Christie Jadi Wakil Tunggal Indonesia di Final

Tunggal putra bulu tangkis Indonesia Jonatan Christie sukses menyegel tiket final ajang Badminton Asia Championship (BAC) 2024 setelah menghancurkan jagoan tuan rumah Shi Yu Qi lewat rubber game 18-21, 21-19, dan 21-12 di partai semifinal, Sabtu (13/4/2024).

Liputan6.com, Jakarta Tunggal putra bulu tangkis Indonesia Jonatan Christie sukses menyegel tiket final ajang Badminton Asia Championship (BAC) 2024.

Kepastian ini didapat setelah Jojo menghancurkan perlawanan jagoan tuan rumah Shi Yu Qi lewat pertarungan sengit tiga game, 18-21, 21-19, dan 21-12 dalam partai semifinal di Ningbo Olympic Sports Centre Gymnasium pada Sabtu (13/4/2024) siang WIB.

Laga yang mempertemukan Jonatan Christie vs Shi Yu Qi memang berlangsung alot sejak awal. Wakil Indonesia dipaksa tertinggal dua angka dengan 9-11 saat interval game pembuka.

Perlahan tapi pasti, Jojo mulai mengejar ketertinggalan selepas jeda. Pebulu tangkis tunggal putra Merah Putih menyamakan kedudukan menjadi 12-12, sebelum berbalik memimpin dengan 14-12.

Drama kejar-kejaran skor tak terhindarkan setelahnya. Kedua pemain aktif jual beli serangan demi menggempur pertahanan masing-masing.

Jojo sempat kembali unggul tipis satu angka dengan 17-16 mendekati pengujung set pembuka. Namun, dropshot wakil Tiongkok gagal dikembalikan dengan baik, sehingga angka kembar lagi-lagi tercipta di papan skor.

Kombinasi pengamatan yang tidak akurat serta kesalahan sendiri Jonatan Christie membuat Shi Yu Qi lebih dulu mendapat game point opportunity.

Laga set pembuka akhirnya ditutup dengan 18-21 untuk keunggulan pebulu tangkis tuan rumah usai challenge Jojo tidak berhasil dan shuttlecock Shi Yu Qi dinyatakan masuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Momen Kebangkitan Jonatan Christie

Jonatan Christie sedikit telat panas di awal set kedua. Dia tertinggal 0-2 oleh Shi Yu Qi yang tancap gas usai memetik kemenangan di game pertama. Beruntung Jojo langsung bangkit setelahnya. Pemain juara All England 2024 mengoleksi enam angka beruntun yang mengantar dia berbalik dominan 6-2 atas jagoan tuan rumah.

Jonatan Christie terus tampil menyerang. Penggawa Indonesia andal dalam permainan depan dan pertahanannya pun rapat, sehingga menyulitkan Shi Yu Qi untuk mencuri poin. Jojo memimpin tujuh angka dengan 11-4 saat jeda.

Sayangnya, wakil Indonesia justru membuat banyak kesalahan sendiri pasca interval, yang membuka kesempatan bagi Shi Yu Qi untuk menyerang sekaligus mengejar ketertinggalan menjadi hanya 3 poin di kedudukan 18-15.

Jojo sudah mendapat game point opportunity di kedudukan 20-16. Namun, dia dibayangi tunggal putra China yang mengumpulkan 3 poin berturut-turut. Jojo baru bisa mengakhiri set kedua dengan skor 21-19. Hasil itu didapat setelah smash keras Shi Yu Qi keluar dari area permainan penggawa Merah Putih.

Jonatan Christie lanjut tancap gas di awal game penentu. Tekanan demi tekanan yang diberikan tunggal putra Indonesia efektif mengantar dia dominan 11-5 saat interval. Namun, momen pasca jeda kembali dimanfaatkan Shi Yu Qi untuk mencuri banyak poin. Duo pemain menjadi hanya berselisih 4 angka di kedudukan 15-11.

Keuntungan bagi Indonesia lantaran Jojo berhasil mengatasi situasi dengan baik. Dalam waktu relatif singkat, Jonatan Christie sudah berhasil mematahkan perlawanan Shi Yu Qi. Tunggal putra Merah Putih melangkah dengan pasti ke babak final setelah mengunci kemenangan 21-12 di akhir set ketiga.

3 dari 3 halaman

Jadwal dan Hasil Semifinal BAC 2024

Pertandingan 1: Wang Zhi Yi (China) vs He Bing Jiao (China) 21-19, 21-17

Pertandingan 2: Chen Yu Fei (China) vs Han Yue (China) 21-15, 21-16

Pertandingan 3: Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) vs Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China); 14-21, 16-21

Pertandingan 4: Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) vs Goh Sze Fei/Nur Izzuddin (Malaysia); 14-21, 18-21

Pertandingan 5: Jonatan Christie vs Shi Yu Qi (China); 18-21, 21-19, 21-12

Pertandingan 6*: Liu Sheng Shu/Tan Ning (China) vs Baek Ha-na/Lee So-hee (Korea Selatan)

Pertandingan 7: Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan (Chinese Taipei) vs Liang Wei Keng/Wang Chang (China)

Pertandingan 8: Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) vs Seo Seung-jae/Chae Yu-jung (Korea Selatan)

Pertandingan 9: Kodai Naraoka (Jepang) vs Li Shi Feng (China)

Pertandingan 10: Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China) vs Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (China)

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 09.00 WIB, *dimulai pukul 16.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.